play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kuliner

5 Hikmah Diharamkannya Mengkonsumsi Alkohol

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Alkohol dalam Islam termasuk bahan yang memabukan. Dalam ayat-ayat Al Quran dan hadist, alkohol mahsyur dikategorikan kedalam khamr (yang memabukan). Lalu apa hikmah dari diharamkannya mengkonsumsi alkohol? Berikut penjelasannya,.

Umroh.com merangkum, khamar secara bahasa artinya adalah yang menutupi karena orang yang mabuk biasanya tidak sadar akan apa yang diperbuat seakan-akan akalnya tertutup,  sedangkan dalam kajian fikih artinya adalah segala hal yang memabukkan.

Baca juga: Ingat! 12 Makanan Ini Haram Dimakan, Apa Saja?

Alkohol adalah cairan tidak berwarna yang mudah menguap, mudah terbakar. Ia merupakan unsur ramuan yang memabukkan. Senyawa organik ini mempunyai rumus kimia C2H5OH.

Hukum Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol

Pada mulanya khamar adalah sebutan untuk sari anggur atau segala hal yang difermentasikan dan memabukkan atau arak. Nabi Muhammad dalam sebuah hadis pernah menyatakan bahwa segala hal yang memabukkan adalah khamar dan setiap khamar adalah haram.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ، وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ

Dari Ibnu Umar berkata, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, “Segala hal yang memabukkan adalah khamar dan setiap khamar adalah haram.” (HR. Muslim)

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Hikmah Diharamkannya Alkohol

Setelah melihat hukum mengkonsumsi alkohol dalam Islam, kita coba menengok hikmah diharamkannya tersebut. Tidaklah Allah menurunkan syariatnya, kecuali untuk membantu manusia hidup dengan lebih baik. Salah satunya dengan menghindari alkohol.

Tim Umroh.com memaparkan, ternyata dari sisi dunia, alkohol pun banyak memiliki mudharat (keburukan) yang layak untuk ditinggal. Mulai dari penyebab timbulnya penyakit kronis, hingga dapat merusak akal kita. Berikut beberapa hal yang disebabkan oleh alkohol.

1. Menjadi penyebab kerusakan pada otak

Mengonsumsi alkohol ternyata dapat membuat kerusakan pada otak Anda. Gangguan yang bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsinya seperti gangguan dalam berbahasa, berpikir logis, dan menyelesaikan masalah. Konsumsi alkohol berlebihan dapat memicu terjadinya amnesia dan demensia.

Gangguan-gangguan tersebut disebabkan karena alkohol akan membuat otak Anda mengalami atrofi, atau menyusut dari ukuran seharusnya. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh seberapa banyak Anda minum, usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga dalam konsumsi alkohol.

2. Gangguan fungsi hati (liver)

Minuman beralkohol juga dapat membuat gangguan pada fungsi organ hati. Sebagaimana kita ketahui, hati adalah organ yang berfungsi untuk menyaring berbagai macam racun serta mengatur gula dan kolesterol. Saat Anda mengkonsumsi alkohol, tentu hati akan segera membantu sistem pencernaan dalam mencerna minuman keras ini. Hasilnya adalah, hati akan mengalami kerusakan dengan mudah karena bekerja dengan sangat keras untuk mengubah kandungan alkohol menjadi air dan karbondioksida yang tidak berbahaya.

Sel hati yang terkena kandungan alkohol akan mengalami masalah reproduksi sel-sel baru karena kerusakan yang dibawa kandungan alkohol. Hati pun mengalami kerusakan yang hampir tidak akan bisa diperbaiki karena regenerasi sel tidak bisa dilakukan. Jika alkohol masih tetap dikonsumsi secara rutin, maka hati pun bisa mengalami penumpukan lemak yang berujung radang atau hepatitis pada hati.

Yuk temukan paket umroh di Umroh.com untuk menjadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci!

3. Memicu hipertensi

Konsumsi alkohol ternyata dapat menaikkan tekanan darah sebanyak 1,5 mmHg untuk setiap konsumsi 10 gram alkohol per hari. Namun kondisi ini akan membaik setelah Anda berhenti mengonsumsi alkohol selama 2-4 minggu.

4. Meningkatkan risiko kanker

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol secara tak wajar juga ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Adanya konsumsi alkohol dalam jumlah berlebih dan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan adanya mutasi pada DNA, terjadi peradangan, dan akhirnya memicu perubahan sel prakanker menjadi sel kanker.

Selanjutnya dengan sistem daya tahan tubuh yang lemah, sel kanker akan menyebar ke berbagai organ tubuh. Kanker pada mulut, laring, esofagus, dan hati sering terjadi pada mereka yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

5. Mengganggu perkembangan janin

Hikmah terakhir diharamkannya alkohol adalah mengganggu perkembangan janin. Hal ini yang seharusnya jelas dihindari oleh ibu hamil. Secara logika konsumsi hal yang tidak bermanfaat saja sangat bisa merugikan janin, apalagi mengkonsumsi “racun”.

Konsumsi alkohol saat hamil dapat berdampak buruk dan menimbulkan terjadinya fetal alcohol syndrome. Sindrom ini akan menimbulkan gangguan perkembangan pada janin. Gangguan dapat berupa berat badan lahir yang rendah, kelainan pada wajah dan kepala bayi, gangguan sistem saraf, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, hingga terjadi keterbelakangan mental pada si kecil.

Facebook Comments

I'm the type of person who easy to adjust, cause like to engage in conversation and observe people's characters.