1
Kesehatan

Hipoglikemia Pada Diabetes

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pada umumnya kebanyakan orang awam hanya mengetahui diabetes mellitus adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat kadar gula darah dalam tubuh menjadi tinggi atau mengalami peningkatan yang melebihi batas normal kadar gula darah dalam tubuh (hiperglikemi). Maka dari itu kebanyakan orang akan melakukan segala cara untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh tanpa disadari hal tersebut akan menyebabkan rendahnya kadar gula darah dalam tubuh (hipoglikemia).

Seperti yang telah dijelaskan diatas, hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana rendahnya kadar gula dalam tubuh karena terjadinya penurunan kadar gula darah yang lebih dari 60 mg/dl. Gejala yang biasanya dialami oleh penderita hipoglikemia yaitu sperti keringat dingin, lemas sehingga dapat kehilangan kesadaran atau jatuh pingsan.

Pada penderita diabetes, hipoglikemia terjadi karena adanya peningkatan konsentrasi insulin dalam tubuh  dan penurunan glukosa darah. Lebih jelasnya, beberapa penyebab terjadinya hipoglikemia akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Aktifitas yang terlalu berat

Aktifitas berat seperti olah raga dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa darah dalam tubuh. Dengan berolahraga akan banyak menggunakan kadar glukosa yang telah diproses menajdi energi sihingga kadar glukosa akan mengalami penurunan. Dengan kata lain olah raga memiliki efek yang mirip dengan insulin. Maka dari itu olah raga merupakan cara terbaik untuk menurunkan glukosa darah selain dengan insulin.

  1. Mengkonsumsi makanan yang terlalu sedikit

Kadar insulin yang terdapat dalam darah harus seimbang dengan makanan yang dikonsumsi. Jika makanan yang kita konsumsi tidak seimbang dengan kadar insulin dalam tubuh hal tersebut akan menyebabkan ketidakseimbangan yang akan menyebabkan terjadinya hipoglikemia.

  1. Dosis penyuntikan hormon insulin yang terlalu banyak

Pada saat menyuntikan hormon insulin ke dalam tubuh anda harus mengetahui dosis yang tepat, yang sesuai dengan kondisi kadar gula darah pada saat itu. Namun kenyataanya masih terdapat pasien yang menyuntikan insulin tidak sesuai dengan kondisi kadar gula darah, maka dari itu penting bagi pasien untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah sebelum menyuntikan insulin. Jika penyuntikan insulin dilakukan secara berlebih akan menyebabkan penurunan kadar glukosa darah yang berlebih.

  1. Penebalan pada lokasi suntikan

Bagi para pasien yang melakukan suntik insulin disarankan untuk merubah lokasi penyuntikan setiap beberapa hari. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penebalan jaringan karena jika terjadi penebalan jaringan, insulin yang masuk akan mengalami pelambatan penyerapan insulin.

  1. Pemakaian aspirin dengan dosis tinggi

Jika pasien mengkonsumsi aspirin melebihi dosis 80 mg, hala tersebut dapat menurunkan kadar gula darah.

webinar umroh.com
  1. Gangguan hormonal

Penderita diabetes biasanya mengalami gangguan hormon yaitu hormon glukagon yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. jika hormon tersebut terganggu, akan menyebabkan terganggunya pengendalian kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Memiliki riwayat hipoglikemia sebelumnya

Sesorang yang pernah menderita hipoglikemia pada sebelumnya akan mempunyai efek yang masih terasa dalam beberapa waktu. Meskipun penderita hipoglikemia merasa sudah baikan, hal itu tidak menjamin penderita tersebut tidaka akan menderita hipoglikemia lagi.

  1. Terdapat penyakit yang dapat menganggu penyerapan glukosa

Penyakit seperti celiac deseasedapat menurukan penyerapan glukosa oleh usus. Hal tersebut menyebabkan insulin lebih dulu berada pada aliran darah dibandingkan dengan glukosa. Sehingga dapat menyebabkan kadar glukosa darah mengalami penurunan sebelum glukosa yang baru menggantikannya.

  1. Penggunaan tipe insulin yang salah pada malam hari

Pada pengobatan diabetes yang intensif penderita diharuskan mengkonsumsi insulin yang berkerja lambat pada malam hari. Namun jika pnderita tersebut salah menggunakan tipe insulin yang harus digunakan, maka pada pagi hari penderita akan mengalami hipoglikemia.