1
Motivasi

Hobi-Hobi Ini Bisa Membuatmu Lebih Percaya Diri, Lho

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memiliki hobi sangat penting untuk menjaga agar kita tetap waras di tengah rutinitas yang monoton. Hobi bisa membuat pikiran lebih segar dan tenang. Karena itu, para ahli banyak yang menyarankan agar kita memiliki hobi yang bisa dilakukan ketika ada waktu luang.

Selain menjadi hiburan di tengah padatnya aktivitas, hobi bisa menjadi sarana untuk meningkatkan percaya diri, lho. Memiliki hobi bisa memberi perasaan ‘sukses’ setelah melakukan sesuatu yang kita sukai. Karena itu, kita jadi lebih percaya diri, sekaligus lebih bahagia.

Di antara beberapa hobi yang bisa digeluti, ada beberapa hobi yang bisa memberimu kepercayaan diri dan penghargaan diri yang baik. Di antaranya:

Berteman dengan Orang-Orang dari Berbagai Budaya

Bersosialisasi dengan orang bisa menjadi hobi yang positif, terlebih ketika kita suka berteman dengan orang dari latar belakang budaya yang berbeda. Misalnya bersahabat dengan orang dari suku yang berbeda, atau berteman dengan orang dari negara yang berbeda.

Berteman dengan mereka bisa membuatmu lebih percaya diri karena akan memberimu pandangan yang lebih luas. Kamu jadi lebih paham tentang berbagai macam latar belakang. Dari mereka, kita akan mendengarkan kisah-kisah yang tentunya inspiratif, karena berbeda dengan kisah yang telah kita jalani. Dari kisah mereka, kita bisa memetik hikmah sekaligus belajar berbagai hal baru.

Menekuni Bela Diri

Selain sebagai olahraga yang bisa membuat kita lebih bahagia, bela diri juga bisa menimbulkan efek percaya diri. Memiliki kemampuan bela diri bisa membuat kita lebih berani menghadapi orang-orang yang mengganggu. Kemampuan bela diri juga bisa membuat kita mampu melindungi orang-orang yang kita sayangi.

Traveling

Orang-orang yang suka traveling biasanya sangat mahir bersosialisasi dan bergaul dengan orang-orang asing. Saat traveling, kita bisa memperoleh banyak informasi tentang hal-hal yang berbeda dengan keseharian kita. Mulai dari lokasi yang baru, karakter orang-orang di tempat yang baru, serta cara berkomunikasi dengan mereka.

Kemampuan untuk menghadapi situasi yang tidak biasa ini bisa membuat kita lebih percaya diri. Terutama ketika kita bisa menemukan sendiri tempat-tempat yang ingin kita datangi.

webinar umroh.com

Belajar Otodidak

Belajar tidak harus dilakukan secara formal di kampus atau sekolah. Di zaman sekarang, ketika perkembangan teknologi semakin pesat, kita bisa menemukan banyak tempat atau platform untuk belajar. Dari internet dan komunitas, kita bisa mempelajari banyak hal untuk meningkatkan kualitas diri, serta memperbaiki kekurangan yang ada diri sendiri.

Kita bisa belajar dengan cara mengikuti kelas online, melihat video di platform berbagi video, membaca buku, atau mendengarkan audiobook. Hobi ini akan memberi kita ide-ide dan informasi baru yang bisa membuat kita semakin berkembang dan lebih percaya diri.

Bermain Teka-Teki

Bermain teka-teki atau puzzle bisa menjadi salah satu cara membuat pikiran tetap aktif dan tidak takut menghadapi tantangan. Otak jadi terbiasa bekerja secara efisien ketika terlatih untuk fokus menyelesaikan teka-teki. Menyelesaikan teka-teki juga bisa mendorong kita untuk melewati batas kemampuan intelektual, sehingga hobi ini bisa menjadi sarana untuk membantu kita mengembangkan kemampuan otak, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri dan penghargaan diri.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.