1
Fashion

Sering Diabaikan, Ini Hukum Membaca Doa Iftitah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Allah SWT menciptakan manusia agar menyembah serta mengenal-Nya, dan menyempurnakan mereka dengan ibadah yang penuh arti agar kelak menjumpai-Nya dengan hati gembira. Sholat adalah penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Makna sholat dalam islam berarti doa yang wajib dikerjakan lima waktu dalam sehari. Di dalam sholat, terdapat hukum membaca doa iftitah yang mungkin belum banyak orang tahu sampai saat ini.

Dalam pelaksanaan sholat, setiap umat muslim diharapkan bisa melaksanakannya dengan se-sempurna mungkin. Termasuk membaca setiap bacaan sholat secara ber-urut baik itu yang sunnah maupun wajib sesuai dengan rukun yang terdapat dalam sholat, salah satunya ialah doa iftitah.

Baca juga : Penjelasan Arah Tidur Menurut Islam yang Baik

Rukun – Rukun Sholat

Doa iftitah ialah salah satu bacaan doa yang dibaca satu kali dalam sholat setelah melakukan takbiiratul-ihraam pertama dan sebelum membaca surat Al Fatihah. Bacaan ini dibaca dengan pelan, baik oleh imam maupun makmum dalam sholat berjamaah ataupun sholat sendirian. Terlepas dari bacaannya, seperti apa sebenarnya hukum membaca doa iftitah dalam sholat ? lalu bagaimana jika lupa atau sengaja ditinggalkan ? berikut jawabannya untuk Anda.

Umroh.com merangkum, yang dimaksud rukun sholat ialah segala sesuatu yang harus dilakukan dalam sholat. Artinya jika ada salah satu rukun sholat yang ditinggalkan atau lupa, maka sudah dipastikan sholatnya tidak sah. Adapun rukun sholat dalam islam ada 13 macam, diantaranya ialah :

  • Niat, yang artinya menyengaja dalam hati untuk melaksanakan sholat.
  • Berdiri bagi yang mampu, jika tidak bisa dilakukan dengan duduk atau berbaring.
  • Takbiratul ihram dengan membaca Allahu Akbar.
  • Membaca surah Al Fatihah
  • Rukuk dengan tumakninah ( berhenti sejenak )
  • Iktidal dengan tumaninah
  • Sujud dengan tumaninah
  • Duduk diantara dua sujud dengan tumaninah
  • Duduk akhir ( duduk pada rakaat terakhir menjelang salam )
  • Membaca tasyahud akhir
  • Membaca sholawat Nabi Muhammad Saw
  • Mengucapkan salam yang pertama
  • Tertib, artinya teratur dan berurutan

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

tata cara sholat sunnah wudhu

Hukum Membaca Doa Iftitah

Doa iftitah merupakan salah satu doa yang setiap dalam pelaksanaan sholat senantiasa dibaca setelah takbiratul ikhram baik itu dalam pelaksanaan sholat wajib maupun sholat sunnah. Jika kita lihat pembahasan pada rukun sholat di atas, doa iftitah tidak termasuk dalam bagian rukun sholat. Mengapa demikian ? karena doa iftitah termasuk ke dalam bacaan sunnah dalam sholat dan bukan sesuatu yang diwajibkan.

 Sebagaimana yang kita ketahui, jika sesuatu hal yang dikatakan sunnah apabila dikerjakan akan mendapat pahala namun jika ditinggalkan tidak akan berdosa. Meskipun doa iftitah bersifat sunnah, namun sholat Anda rasanya tidak akan sempurna jika melewatkan bacaan doa iftitah. Seperti ibarat Anda ingin makan, akan tidak enak rasanya jika hanya disantap dengan nasi dan garam.

Siapa yang ingin berkunjung ke Baitullah? Kunjungi Umroh.com dan dapatkan paket menariknya!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Tentulah Anda ingin melengkapi makanan Anda pula dengan lauk pauk dan sayuran yang nikmat. Nah begitu pula dalam pelaksanaan sholat tanpa doa iftitah, meskipun sah – sah saja dilewatkan, tapi akan lebih baik jika senantiasa dibaca karena sudah dipastikan banyak keutamaan yang akan Anda dapat di dalamnnya.  oleh karena itu, beberapa orang menganggap doa ini wajib. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa:

webinar umroh.com

“Sholat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca Al – Quran yang mudah baginya.” (HR. Abu Daud dan Hakim)

Adapun sebuah hadits sahih dari Abu Hurairah yang berisi:

Biasanya Nabi Muhammad saw setelah takbiratul ihram, beliau diam sejenak sebelum membaca ayat, maka akupun bertanya kepada beliau. “ Wahai Rasulullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam antara takbir dan bacaan ayat. Apa yang engkau bacakan ketika itu adalah :… (Nabi Muhammad saw menyebutkan doa iftitah) .”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Berkaitan dengan hukum doa iftitah itu sendiri yang sunnah, maka jika seorang muslim meninggalkannya dalam sholat, sholatnya tetap sah dan tidak batal. Maka, jika kamu merasa pernah lupa membaca doa iftitah dalam sholat, kamu tidak perlu khawatir tentang sah tidaknya sholat yang kamu lakukan. Sholat yang kamu lakukan tetap sah, tapi kamu tidak akan mendapat pahala sunnah dari bacaan doa iftitah.