1
Kuliner

Imam Bayildi, Hidangan Terong yang Gurih dengan Minyak Zaitun

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Imam Bayildi adalah hidangan yang banyak ditemukan di wilayah bekas Kerajaan Ottoman. Salah satu kuliner Timur Tengah ini berupa terong yang dimasak dengan saus tomat, dan disajikan secara kaserol. Jadi, hidangan ini disajikan dalam pinggan yang besar dan dinikmati bersama-sama.

Terinspirasi dari Anggota Kerajaan Ottoman

Nama Imam Bayildi diambil dari nama seorang pegawai kerajaan Ottoman. Saat itu, ia pingsan karena istrinya mengatakan bahwa telah memakai semua minyak zaitun untuk membuat hidangan ini.

Banyak Menggunakan Minyak Zaitun

Hidangan Imam Bayildi memang menggunakan banyak minyak zaitun. Terong, sebagai bahan utama dalam hidangan ini, menyerap banyak minyak zaitun seperti spons. Inilah yang akhirnya membuat Imam Bayildi terasa gurih dan nikmat. Agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh, biasanya terong akan ditiriskan terlebih dahulu setelah dimasak dalam minyak zaitun.

Bahan yang Sederhana

Imam Bayildi yang sedap ini bisa kamu buat di rumah. Bahan-bahannya pun sederhana dan mudah didapat di Indonesia.

Bahan-bahan untuk membuat Imam Bayildi adalah

webinar umroh.com

– 2 buah bawang bombay ukuran sedang yang telah di cincang

– ½ hingga ¾ cangkir minyak zaitun

– 2 siung bawang putih yang telah digeprek

– 3 buah tomat ukuran sedang yang telah dikupas dan di cincang

– 4 sendok makan parsley yang telah dicincang

– 1 sendok makan Daun mint segar yang telah dicincang

– Garam dan merica

– 2 buah terong ukuran medium

– 1 sendok makan gula dan

– 2 sendok makan perasan air lemon segar.

 

Siapkan Saus Tomat

Langkah pertama untuk membuatnya adalah dengan menumis bawang bombay dengan sedikit minyak. Tambahkan bawang putih, tomat, parsley, garam, dan merica. Masak bahan-bahan tersebut hingga menyerupai kuah yang kental.

Masak Terong dengan Minyak Zaitun Hingga Matang

Siapkan terong yang telah dibuang batangnya. Belah terong menjadi dua dengan ukuran sama besar. Iris bagian tengah terong dari ujung ke ujung.

Panaskan setengah cangkir minyak zaitun di sauce pan yang besar. Dengan api medium, masukkan terong yang sudah dibelah dengan bagian dalam menghadap ke bawah. Goreng terong hingga berwarna coklat keemasan di bagian yang terbelah. Balik, lalu goreng di bagian kulitnya hingga berwarna kecoklatan.

Angkat terong dan tiriskan. Tunggu hingga 15 menit sebelum dilanjutkan untuk dimasak. Fungsinya adalah untuk menghilangkan minyak yang ada di dalamnya. Namun semakin banyak minyak yang hilang, maka rasa Imam Bayildi akan semakin jauh dari rasa yang otentik. Langkah ini bisa dilakukan jika menginginkan Imam Bayildi tidak mengandung terlalu banyak kalori.

Masak Terong dengan Saus

Siapkan dan panaskan oven. Tata terong di dalam pinggan, lalu masukkan saus yang telah dibuat sebelumnya. Ratakan hingga semua bagian terong terendam. Taburi dengan gula, air lemon, dan sisa minyak zaitun. Masukkan pinggan ke dalam oven, dan panggang selama 40 menit, atau hingga terong menjadi matang dan lembut. Sajikan Imam Bayildi bersama roti.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.