1
Muslim Lifestyle

Iman Sedang Turun? Cobalah Melakukan 3 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagai manusia biasa, sangat wajar jika iman mengalami naik dan turun. Ada banyak faktor yang menyebabkan iman naik dan turun. Di antaranya adalah ketaatan dan maksiat yang dilakukan.

Iman yang kuat membuat kita merasa nyaman dalam menjalani hidup. Hati yang tenang, serta hidup yang terasa tentram adalah nikmat bagi orang-orang yang beriman. Saat iman turun, kita akan merasakan banyak ketidaknyamanan dalam hidup. Mulai dari hati yang gelisah, cemas, dan mudah melakukan hal-hal yang dilarang Allah. Padahal ada banyak madharat di balik maksiat yang dilarang Allah.

Agar iman senantiasa bertambah dan menguat, cobalah melakukan tiga cara yang dijelaskan oleh Imam Al Haddad ini.

Mendengarkan Al Quran dan Hadist

Al Qur’an berisi petunjuk dari Allah. Di dalamnya ada janji-janji dan ancaman Allah, serta kisah-kisah dan mukjizat para Nabi. Di dalam hadist Rasulullah, kita juga bisa belajar mengenai kehidupan Rasulullah, beserta dengan petunjuk kehidupan dan sunnah-sunnahnya.

Mendengarkan atau membaca Al Qur’an atau hadist akan membuat kita kembali teringat akan kehadiran dan kekuasaan Allah. Allah dengan segala kekuasaannya mampu menghadirkan keajaiban jika kita sepenuhnya percaya dan beriman kepadaNya. Tentu saja syaratnya adalah kita harus bertawakal kepada Allah.

Sebagaimana salah satu janji Allah dalam surat At Thalaq ayat 3, di mana Allah berfirman, “Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya”.

Melihat Ciptaan Allah di Langit dan Bumi

webinar umroh.com

Langit dan Bumi merupakan ciptaan Allah yang menakjubkan, begitupun juga dengan seisinya. Manusia, hewan, dan tumbuhan yang tinggal di bumi, serta planet-planet di tata surya dan galaksi lain, adalah tanda kebesaran Allah.

Dzat yang bisa menciptakan itu semua, serta mengatur keberadaannya agar tetap berjalan harmonis, tentu memiliki kekuasaan yang Maha Besar. Merenungi hal ini bisa membuat keimanan kita semakin bertambah.

Salah satu ayat di Al Qur’an yang memperlihatkan kekuasaan Allah adalah surat As Sajdah ayat 4. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman, “Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dalam waktu enam hari, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy. Kamu semua tidak memiliki seorang penolong dan pemberi syafaat pun selain diri-Nya. Lalu, apakah kamu tidak memperhatikannya?”.

Merenungi kebesaran Allah akan membuat kita semakin bertaqwa, karena kita akan mengharap janjiNya dan takut pada ancaman Allah Yang Maha Besar.

Melaksanakan Amal Sholeh dengan Istiqomah

Salah satu hal yang bisa mengikis keimanan adalah perbuatan maksiat. Agar keimanan kita senantiasa bertambah, cobalah untuk melaksanakan ibadah dan amal sholeh secara istiqomah.

Pastikan ibadah wajib terpenuhi, serta tambah dengan ibadah sunnah. Lakukan ibadah tambahan dengan memulainya dari yang ringan, namun istiqomah.

Amal sholeh yang istiqomah ini juga yang akan membuat kita tidak mudah tergelincir ke dalam maksiat. Walaupun tetap terjadi naik dan turun, setidaknya iman kita kepada Allah akan semakin menguat dan menjaga kita dari berbagai keburukan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.