1
Parenting

Ingin Anak Anda Soleh dan Solehah? Lakukan 2 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kita semua pasti ingin anak kita menjadi soleh dan solehah. Namun, tentu tidak bisa sembarangan untuk membuat anak kita menjadi soleh dan solehah. Pasti ada usaha dan peran tertentu juga dari orang tua. Nah, ada dua hal utama yang dapat membatu kita, untuk membentuk anak kita memiliki kepribadian yang soleh dan solehah. Tidak ada sesuatu yang lebih baik yang dapat menolong seorang hamba menjadikan keturunannya soleh dan solehah yang lebih utama dari dua perkara ini:

  1. Menjadikan diri sebagai orangtua yang saleh.

Sebelum berkeinginan untuk membuat anak kita saleh, kita sebagai orang tua yang harus terlebih dahulu dapat menjadi orang tua yang saleh. Karena kita semua tau jika orang tua merupakan role model bagi anak. Bahkan keluarga merupakan pendidikan dan teladan nomor satu bagi anak. Oleh karena itu lah, sebelum anak tersebut bergaul dan mendapatkan pendidikan serta teladan dari lingkungan lain, kita harus terlebih dahulu dapat memberikan pendidikan dan teladan yang baik kepada seorang anak di dalam lingkungan keluarga.

Kriteria orang tua yang shaleh disini seperti selalu menanamkan nilai-nilai islam pada anaknya, selalu menuntun anaknya ke jalan yang benar menurut Islam, senantiasa mengingatkan anaknya untuk melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah, sehingga orang tua benar-benar dapat menjadi teladan yang baik bagi anaknya menurut islam.

Orang tua yang saleh juga senantiasa mendoakan anak-anaknya sehingga anak-anaknya akan mendapatkan kebaikan dari doa mereka. Selain itu, mendidik anak-anak dengan pendidikan yang benar, sesuai dengan ajaran Islam, dan dengan cara yang baik pula. Dengan demikian, tentulah anak-anak mendapatkan pengajaran yang tepat, tidak salah asuhan, dan tidak terzalimi. Disamping itu, orang tua yang saleh mestinya menghiasi dirinya dengan akhlak mulia dalam kesehariannya. Dengan demikian, tentulah anak-anak mendapatkan contoh yang baik untuk bersikap dalam kehidupannya.

Orang tua yang saleh juga harus sibuk dengan ibadah kepada Rabb-nya. Dengan sendirinya, tentulah anak-anak mereka mendapatkan ketenangan dengan ibadah yang mereka lakukan. Selain itu, terbentuklah sikap tekun beribadah pada diri mereka. Dengan demikian, mereka tidak lagi merasa berat dalam menjalaninya.

  1. Berdoa kepada Allah agar menjadikan keturunannya saleh dan salehah.

Para orang tua juga diwajibkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar sekiranya Allah menjadikan keturunannya saleh dan salehah. Ingat, usaha tanpa doa adalah sombong. Dan ingat juga, Allah lah yang memiliki kuasa atas segala sesuatu. Sehingga disamping berusaha, kita sangat diperintahkan juga untuk senantiasa berdoa kepada Allah.

Karena mau seperti apa pun usaha seseorang untuk menjadikannya anaknya saleh dan salehah, tapi hal itu juga tidak akan terjadi apabila Allah tidak berkehendak. Disinilah pentingnya manusia untuk menghindarkan diri dari perbuatan sombong, salah satunya dengan selalu menyadari besarnya kuasa Allah, dimana mereka pun tidak punya daya dan kuasa apa-apa selain atas izin Allah. Namun, doa yang kita panjatkan juga harus kita barengi dan imbangi dengan ikhtiar yang maksimal, karena doa tanpa ikhtiar sama saja dengan omong kosong.

Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang dapat menjadi teladan yang baik bagi anak kita, sehingga kita juga akan dikarunai anak yang saleh dan salehah

webinar umroh.com