1
Parenting Tips

Ingin Anak Memiliki Sopan Santun? Lakukan Cara-Cara Berikut (Part 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sopan santun menjadikan manusia berbeda dengan manusia yang lainnya. Perbedaan yang disandarkan tersebut berimplikasi pada hal positif yang akan dicipta oleh setiap umat manusia. Hal baik tersebut tentu tak dapat serta merta muncul dengan sendirinya. Namun membutuhkan proses panjang dalam terciptanya kesopan-santunan pada buah hati sebagai calon generasi penerus bangsa. Diperlukan sebuah upaya dan juga pedoman dalam mendidik sopan santun pada anak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menanamkan sopan santun pada anak sejak dini:

 

✅Jangan Dijadikan Bahan Lelucon

Perilaku anak tak sopan jangan dijadikan sebuah lelucon. Contah yang sangat memprihatinkan adalah manakala anak marah, membentak orang dewasa, hingga berperilaku merokok seperti yang pernah di beritakan. Apa yang kita lakukan, dengan ketidak soapanan anak dijadikan sebuah bahan lelucon, justru membuat anak akhirnya merasa, hal tersebut adalah cara ampuh untuk menarik perhatian dari lingkungan sekitarnya.

Selain itu tidak sopan yang di lakukan anak adalah hal yang sepatutnya untuk mendapatkan teguran, karena menjadikan lelucon mereka yang tidak sopan juga akan membuat mereka sulit dalam memahami arti sopan santun, dan anak dapat beranggapan bahwa apa yang telah dilakukannya adalah suatu hal yang lucu.

✅Berikan Anak Perhatian

Kadangkala anak menunjukan sikap kurang santun dikarenakan ingin mencari perhatian dari orang tua. Oleh karena itu berikanlah perhatian yang cukup kepada anak sesibuk apapun diri anda. Tinggalkanlah sejenak pekerjaan jika perlu, apabila anak sedang dalam keadaan rindu akan perhatian anda.

✅Berikan Pujian

webinar umroh.com

Tidak adil apabila kita hanya melakukan teguran jika sang anak melakukan kesalahan. Apabila anak bersikap baik dan sopan maka hal tersebut perlu juga di berikan pujian. Dengan begitu anak akan mengasosiasikan perbuatan baik adalah bentuk penghargaan.

✅Sabar dan Beri Waktu

Mengajarkan sopan santun pada sang anak memang membutuhkan waktu yang tidakah sebentar. Telaten dan juga sabar merupakan salah satu kunci utama kesuksesan mengajarkan anak sopan santun. Tidak masalah apabila anak-anak mengulangi pelanggaran, yang terpenting adalah control dan konsistensi anda dalam mengingatkannya.

✅Kenalkan Dengan Agama

Bagaimanapun agama merupakan pilar utama dalam pembentukan akhlak dan juga moral umat manusia. Kenalkanlah anak dengan agama semenjak dini, nilai-nilai moral dalam agama. Hal tersebut sangatlah penting, dengan memahami ajaran agama secara benar dan mendalam maka sebagai orang tua berarti telah berjasa dalam mencetak generasi yang toleran pada sesama. Jangan sampai anak yang tidak di ajarkan dengan agama secara benar, justru menjadi calon pemimpin yang Hobinya menista agama orang lain yang bukan sebagai kapasitasnya. Cukuplah dengan fenomena yang terjadi saat ini, yang mana seorang pemimpin menistakan agama dari umat lain.

✅Ikat Dengan Do’a

Do’a ibarat kayuhan sepeda, yang mana semakin dikayuh ia akan bergerak menuju suatu tujuan. Do’a kan anak anda dengan tulus untuk sebuah kebaikan. Doa pun juga dapat berbentuk kata-kata teguran secara baik. Berusahalah untuk selalu menjadi orang tua tangguh dalam mendidik kesopan santunan anak semenjak dini. Karena hanya dengan mendidik sopan santun tanpa doa ibarat kesombongan dari seorang hamba. Sempurnakanlah usaha yang anda lakukan dengan doa, semoga generasi anak kita kedepan menjadi calon penebar damai dan saling mencintai sesamanya.