1
Parenting

Ingin Anak Tumbuh Cerdas dan Brilian? Lakukan Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap orang tua menginginkan anak-anak yang cerdas dan brilian. Brilian bisa didefinisikan sebagai kecerdasan dan kemampuan yang mengagumkan. Misalnya anak yang berhasil memenangkan perlombaan tertentu, menghasilkan karya menakjubkan, dan memiliki bakat lain yang membuat orang lain merasa kagum saat melihatnya.

Memiliki anak yang cerdas dan brilian ternyata tidak lepas dari peran orang tua dalam mendidiknya. Di bawah ini adalah cara yang bisa dilakukan orang tua agar memiliki anak-anak yang cerdas dan brilian.

Identifikasi Bakat Si Kecil

Anak-anak yang memiliki bakat cemerlang biasanya memiliki orang tua yang sangat suportif terhadap bakat dan minat mereka. Dukungan tersebut ditunjukkan sejak anak masih usia dini. Bahkan, biasanya orang tua dengan sengaja mencari bakat apa yang bisa dikembangkan dari anak.

Salah satu cara untuk menemukan bakat anak adalah dengan membiarkannya ikut dalam berbagai kegiatan. Tentu saja hal ini harus dilakukan dengan persetujuan anak. Pastikan anak benar-benar merasa enjoy ketika harus mengikuti berbagai kegiatan tersebut.

Amati kegiatan mana yang akan diikuti anak dengan senang hati. Misalnya kita melihat ia akan menolak disuruh les berenang, namun sangat bersemangat ketika ada persiapan lomba menggambar di sekolahnya. Bisa jadi, ia memiliki bakat dan minat di bidang seni lukis.

Memaksimalkan Perkembangan Otak Anak

Perkembangan otak anak sangat tergantung dari interaksi sosialnya, kondisi lingkungan, serta pengalaman emosional yang dialami oleh anak. Anak membutuhkan kasih sayang sebagai salah satu dasar untuk mengembangkan otaknya.

webinar umroh.com

Pengalaman-pengalaman di tahun-tahun pertama perkembangan anak juga sangat penting bagi perkembangan otaknya. Orang tua bisa memperbanyak stimulasi untuk memaksimalkan perkembangan otak anak dengan kegiatan di bawah ini.

  • Melakukan Kegiatan yang Berhubungan dengan Seni dan Kerajinan Tangan

Kegiatan ini akan melatih anak mengembangkan kemampuan untuk kreatif, serta melatih kemampuan motorik mereka. Orang tua bisa mengajak mereka untuk mewarnai bersama, atau membuat kerajinan tangan lalu dihias sesuka hati, dan sebagainya.

  • Membacakan Buku

Membacakan buku untuk anak-anak bisa membuat mereka lebih cerdas. Dengan mendengar orang tua membacakan buku, kosakata dan wawasan anak akan bertambah. Kemampuan konsentrasi, serta kemampuan mendengar anak juga menjadi lebih baik. Selain itu, membacakan buku untuk anak juga bisa melatih imajinasi mereka, sehingga membantu mengembangkan otak dan melatih kreativitas.

  • Perbanyak Bermain di Luar Ruangan

Bermain di luar ruangan akan membuat anak terpacu untuk bergerak lebih aktif. Anak akan melatih fisiknya, menguatkan jantung, meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan kemampuan motorik mereka.

  • Bersantai

Menginginkan anak yang cerdas bukan berarti kita harus mencekoki mereka dengan beragam kegiatan. Biarkan mereka memanfaatkan waktu untuk bersantai, sehingga mereka bisa menikmati suasana dengan hati yang gembira.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.