News Travel

Ingin Berwisata ke Laut Mati? Ketahui Dulu Beberapa Fakta Menarik Ini (Part 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Laut mati terkenal dengan salah satu keunikannya, yaitu dapat membuat orang yang masuk ke dalamnya mengapung dan tidak tenggelam. Yang menjadi penyebab laut tersebut dapat mengapungkan orang yang masuk ke dalamnya adalah kadar garamnya yang sangat tinggi. Selain itu, kamu juga harus menyimak beberapa fakta menarik terkait Laut Mati ini:

– Berasal dari kata “Yam Ha Maved” dalam Bahasa Ibrani

Nama Laut Mati sendiri ternyata berasal dari kata yang terdapat dalam Bahasa Ibrani. Kata tersebut adalah “Yam Ha Maved” yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah laut pembenuh, namun karena kata pembunuh dinilai terlalu menyeramkan, sehingga ada lagi kata dalam Bahasa Arab yang bernama “Bahrul Mayyit” yang lebih membuat kesan positif akan laut ini, dimana jika diterjemahkan memiliki arti Laut Mati. Dan memang nama Laut Mati lah yang saat ini paling populer dikenal masyarakat di seluruh dunia untuk menyebut laut ini. Mungkin saja disebut pembunuh atau mati karena laut ini dapat membunuh semua makhluk hidup yang terdapat di dalamnya sehingga mereka akan mati, dan memang di dalam laut ini diteliti sama sekali tidak ada kehidupan dan makhluk hidup memang tidak ada yang dapat bertahan disana.

– Memiliki panjang sekitar 76 km dan lebar 16 km

Ternyata laut mati memiliki luas yang begitu besar. Ya laut mati memiliki panjang sekitar 76 km dan lebar 16 km, dan total luas permukaan lautnya sebesar kurang kebih 810 km2. Wah, bisa dibayangkan ya kalo orang yang berkeliling laut mati, sudah sama seperti melakukan perjalanan ke luar kota.

– Merupakan tempat terendah di dunia

Satu hal yang juga perlu kamu ketahui, jika laut mati adalah tempat dengan titik terendah di dunia. Tinggi laut ini sekitar 417 m di atas permukaan laut. Letak laut ini berada di antara perbatasan negara Israel, Palestina, dan Yordania. Meski memiliki tinggi 417 m di atas permukaan laut, namun terdapat sebuah lembah pada lait ini yang posisinya sekitar 1300 kaki di bawah permukaan laut, yang mana hal ini menyebabkan laut tersebut juga merupakan tempat dengan titik terendah di dunia.

– Memiliki kadar garam sekitar 33%

Laut mati memiliki kadar garam yang begitu tinggi. Kandungannya kurang lebih sekitat 33%. Hal inilah yang membuat seseorang yang masuk ke dalamnya mengapung dan tidak bisa tenggelam. Kandungan garam yang terdapat di laut mati juga menyebabkan laut ini menjadi danau terasin ke dua di dunia setelah Danan Assal yang terlentak di Djibouti, dimana danau ini 8 kali lipat lebih asin dibanding danau-danau normal pada umumnya.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini