1
Kuliner

Ingin Membuat Kue, Cek Kualitas Bahan Dengan Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memasak kue untuk keluarga atau sebagai suguhan Lebaran adalah kegiatan yang membutuhkan ketelitian tersendiri. Terkadang ada bahan makanan yang disimpan ternyata tidak lagi memiliki khasiat, fungsi, atau aroma yang sama. Karena itu kita perlu mengeceknya, apakah bahan tersebut masih baik untuk dikonsumsi atau tidak. Memasukkan bahan yang tidak berkualitas akan membuat kue menjadi gagal. Di bawah ini adalah cara mengecek bahan makanan untuk mengetahui kualitas di dalamnya setelah lama disimpan.

Mengecek Baking Soda

Baking soda diperlukan agar kue memiliki tekstur yang bagus. Namun jika terlalu lama dibiarkan, baking soda bisa kehilangan formulanya, sehingga tidak lagi bekerja dengan baik.

Untuk mengecek apakah baking soda masih bisa bekerja atau tidak, coba ambil sejumput baking soda, lalu bubuhkan pada sendok yang berisi cuka. Jika bereaksi dengan menimbulkan gelembung-gelembung, maka baking soda masih bisa dipakai.

Menggunakan Biji Vanili Kering

Menggunakan vanili yang segar (bukan essence) sering menjadi pilihan beberapa orang. Vanili yang asli bisa memberikan aroma yang lebih alami. Jika vanili yang kita miliki tampak kering, jangan keburu membuangnya. kita masih bisa menggunakannya dengan merendam vanili di dalam air hangat selama 10 menit. Setelah mulai empuk, kita bisa menggunakan bijinya untuk menambah aroma pada adonan kue.

Bubuk Pala Sudah Tidak Beraroma

Pala memang rempah-rempah yang banyak digunakan untuk menambah aroma khas pada kue. Namun banyak orang memilih untuk menggunakan pala bubuk karena praktis dan tidak perlu ribet. Resikonya, pala bubuk memang akan mudah kehilangan aromanya.

Pilih saja pala yang masih utuh pala jika masakan kita sehari-hari jarang menggunakan pala. Pala yang masih utuh lebih tahan lama aromanya. Jika kita ingin memakainya, kita tinggal memarutnya sedikit dan menyimpan sisanya di tempat yang tertutup.

Mengatasi Madu yang Mengkristal

Madu memang bahan makanan yang tidak akan basi atau kadaluarsa. Namun madu yang dibiarkan terlalu lama di dalam botol akan mulai mengkristal. Munculnya bintik-bintik berwarna kehitaman di pinggir botol bukan berarti madu mulai kadaluarsa dan tidak baik digunakan. Panaskan saja madu di microwave agar kristal-kristal tersebut mulai meleleh.

Mengganti Self Raising Flour

Self Raising Flour adalah tepung yang bisa mengembang sendiri, tanpa tambahan bahan apapun. Sebenarnya, Self Raising Flour Ini mengandung baking powder di dalamnya. Karena itu, tepung ini tidak bisa tahan terlalu lama. Jika kita sudah menyimpannya selama 6 bulan, maka tepung ini wajib diganti karena kemungkinan sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

webinar umroh.com

Bintik-Bintik Putih pada Coklat Masak

Coklat masak disimpan biasanya akan muncul bintik-bintik putih di permukaannya. Kita mungkin curiga lapisan putih tersebut adalah jamur yang membuat coklat tidak lagi bisa digunakan. Sebenarnya, bintik-bintik putih tersebut adalah lemak yang mulai terpisah dari cokelat. Jika suhu dingin, lemak tersebut akan berubah warna menjadi putih. Tidak perlu khawatir karena coklat tersebut masih bisa digunakan dan rasanya masih tetap sama.

Mengecek Ragi

Ragi adalah bahan yang ditambahkan ke dalam adonan donat atau roti agar mengembang dengan bagus. Ragi yang sudah terlalu lama disimpan bisa kehilangan kemampuannya bekerja dalam adonan. Karena itu, sebelum dimasukkan ke dalam adonan, ada baiknya kita mengecek terlebih dahulu ragi yang akan dipakai. Caranya adalah dengan memasukkan ragi ke dalam sepertiga gelas air hangat, lalu campurkan dengan gula pasir. Aduk-aduk, lalu amati beberapa saat. Jika timbul busa, maka ragi masih bisa bekerja. Campuran ini pun bisa kita masukkan langsung ke dalam adonan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.