1
Muslim Lifestyle Parenting Tips

Ingin Mendidik Anak? Didiklah Dari Rumah & Shalat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

🏡 RUMAH ADALAH MADRASAH PERTAMA DAN UTAMA BAGI ANAK

📝 Pendidikan bukan hanya di sekolah saja, namun pendidikan yang utama dan pertama adalah pendidikan di rumah.

Gurunya siapa❓

➡Tidak lain adalah kedua orang tuanya, dan yang paling berperan adalah seorang ibu.

🎁Kalau kita lihat perjalanan hidup para ulama Islam, ibu sangat berperan bagi keberhasilan pendidikan putra-putri mereka.

🌾Sebut saja Imam Asy-syafi’i, imam besar umat Islam, beliau dididik oleh ibunda beliau, karena ayah beliau sudah meninggal.

💡Jadi, ibu adalah madrasah anak yang pertama dan utama. Jika seorang ibu baik agama dan akhlaknya, maka insyaallah pendidikan anak-anaknya akan baik.

🎙Al-Allàmah  Ibnu Bàdìs rahimahullah berkata,

webinar umroh.com

“البيت هو المدرسة الأولى والمصنع الأصلي لتكوين الرجال ، وتديّن الأم هو أساس حفظ الدّين والخلق”‏.

📚‏الآثــار – 201/4.

“Rumah adalah madrasah yang pertama dan pencetak yang asli untuk menjadikan lelaki sejati dan agama seorang ibu adalah pondasi untuk menjaga agama dan akhlak”.

Ingin menanamkan pada anak pendidikan yang benar dari rumah ❓

-Mulailah dari shalat.

Shalat adalah ibadah yang agung dalam Islam, menempati urutan kedua dalam rukun Islam. Bagi seseorang yang sudah bersyahadat dan menyatakan dirinya seorang muslim, shalat merupakan ibadah wajin bahkan sebagai tiang agama. Seseorang yang tidak melakukan shalat bisa dibilang keislamannya sangat rapuh, ibarat rumah tanpa tiang atau fondasi.

Oleh sebab itulah, shalat sendiri harus diajarkan pada anak-anak kita sedini mungkin dan juga harus diperhatikan betul tata caranya agar memenuhi syarat dan rukunnya dan tidak sampai salah dalam pelaksanaannya.

Mengapa demikian? Karena amat disayangkan, masih didapati banyak kekeliruan yang dilakukan sebagian kaum Muslimin dalam tata cara shalat. Di antara penyebabnya adalah karena manhaj (cara) beragama umat Islam yang masih ikut-ikutan. Faktor ini harus menyadarkan setiap Muslim, untuk segera mengoreksi shalatnya, agar diterima oleh Allah. Dan jalan untuk kembali kepada tata cara shalat yang benar sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah dengan mengkaji hadits-hadits beliau; baik sabda, keteladanan dari perbuatan beliau, maupun persetujuan beliau pada perbuatan para sahabat.

Untuk itulah, bagi para orang tua yang memiliki anak-anak terlebih dalam usia yang masih sangat kecil, tanamkanlah pemahaman sholat dan biasakanlah mereka sholat sedini mungkin, serta ajari agar semua tata caranya sudah memenuhi syarat dan rukunnya.