1
Kesehatan News Tips

Ingin Menjadi Lansia Sehat? Lakukan Hal Berikut

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Menjadi lansia yang sehat dan juga terbebas dari segala macam bentuk penyakit kronis dan berat tidak harus dicapai dengan usaha yang muluk-muluk atau bersusah payah yang luar biasa. Kita bisa mendapatkannya dari hal-hal yang mungkin sekilas terlihat sederhana dan bisa terbilang sepele.

Anda bisa memulainya dengan kegiatan sederhana seperti rajin melakukan beres-beres rumah setiap hari. Faktanya, penelitian telah menunjukkan dan juga membuktikan bahwa melakukan pekerjaan rumah yang sekilas terlihat sederhana seperti memasak, mencuci piring, berkebun, dan juga berbelanja, bisa membantu para lansia untuk dapat meningkatkan kualitas hidup mereka di usia senja.

 

-Lansia sehat adalah lansia yang rajin beres-beres rumah

Lansia yang sehat adalah mereka-mereka yang lebih telaten dalam melakukan pekerjaan membersihkan rumah, begitu yang telah diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Clinical Gerontology Branch yang berada di National Institute on Aging, Maryland, Amerika Serikat. Dalam melakukan risetnya, penelitian tersebut dikepalai oleh Chhanda Dutta, PhD.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa aktivitas beres-beres rumah merupakan sebuah aktivitas fisik sederhana yang baik dilakukan oleh para lansia. Beraktivitas fisik rutin seperti ini mampu mencegah berbagai macam bentuk penyakit dan penurunan fungsi tubuh yang sering mengintai lansia.

Aktivitas fisik yang dilakukan para lansia dapat membantu membuat mereka lebih kuat, mencegah keropos tulang, memperbaiki keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat, membuat tidur lebih nyenyak, dan mengurangi gejala tertentu akibat penyakit kronis.

Para lansia yang sudah mengidap suatu penyakit tertentu terlebih lagi yang bersifat kronis seperti diabetes atau stroke pun bisa mencegah kondisi kesehatan terus merosot dengan beraktivitas fisik.

webinar umroh.com

Temuan yang didapatkan dari penelitian di atas juga didukung oleh sebuah studi dari Jerman yang diterbitkan dalam sebuah jurnal BMC Public Health. Tim peneliti yang melakukan riset menyatakan bahwa orang-orang lansia yang telah berusia 65 tahun ke atas, akan dapat memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi, jika saja mereka dapat lebih rajin melakukan pekerjaan rumah.

Peneliti melaporkan bahwa lansia yang menghabiskan waktu antara 3-6 jam untuk melakukan pekerjaan rumah tangga setiap harinya 25 persen dilaporkan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya menghabiskan 1-2 jam mengerjakan pekerjaan rumah setiap harinya.

 

Ayoooo para pangsiunan kita beres2 rumah 😃😃😄🥰😇😇🤣🤣