1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Ingin Menjadi Muslimah yang Mager (Makin Greget)? Lakukan Beberapa Tips Berikut (Part 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bagaimana sih caranya agar para kaum hawa dapat menjadi muslimah produktif, aktif dan peduli dengan ummat? Maka jadilah muslimah yang penuh semangat serta mager (makin greget). Greget dalam menuntut ilmu, greget dalam kebaikan, greget membuat karya, dan greget peduli dengan lingkungan sekitar. Pokoknya, ia totalitas banget dalam setiap tindakannya. Greget banget kan?

Berikut 5 beberapa tips agar kita menjadi muslimah mager (makin greget):

– Temukan tujuan hidupmu
Untuk menjadi seorang muslimah yang greget, maka pertama kali yang harus dilakukan ialah menemukan tujuan hidup. Ibaratnya kita mau naik angkot tentu kita harus tahu tempat kita yang mau dituju kan? Bayangkan jika sebelumnya kita tidak tahu tempat tujuan kita kemudian kita asal naik angkot apa saja, tentu perjalanan kita akan nyasar atau bahkan tak sampai-sampai seharian.

Begitupun dengan hidup, jika kita tidak memiliki tujuan hidup di dunia ini sebagai seorang muslimah, maka dijamin hidup kita akan mengalir seperti air apa adanya saja. Mending kalau nanti air tersebut bermuaranya ke laut atau tempat yang baik tapi kalau ke comberan bagaimana? Ih serem banget kan.

Berkaitan dengan proses pencarian tujuan hidup ini, setidaknya setiap orang (baik muslim atau non muslim) dalam diirinya terlintas 3 pertanyaan besar ini; Dari mana ia berasal? Untuk apa ia hidup? Dan akan kemana setelah kehidupan ini? Inilah tiga simpul besar atau uqdatul kubra.

Sebagai seorang muslimah, tentu jawaban yang tepat dari 3 pertanyaan di atas ialah berdasarkan firmanNya yang termaktub dalam Al Qur’an:

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (ayat) bagi orang yang berakal.” (QS. Ali Imran:190).

“Katakanlah, Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu.” (QS. Al Ikhlas:1-2)

webinar umroh.com

“Dan tidaklah kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah.” (QS. Adz Zariyat:56).

Nah, ketika kita sudah mengetahui tujuan hidup kita di dunia ini untuk beribadah kepadaNya. Maka setiap aktivitas hidup kita harus sesuai dengan segala perintah Allah dan RasulNya. Maka kita akan senantiasa menjadi muslimah produktif yang senantiasa istiqomah dalam kebaikan dan bisa memberi manfaat untuk ummat.

“Sesungguhnya ucapan orang-orang yang beriman apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul itu memberikan keputusan hukum di antara mereka hanyalah dengan mengatakan, “Kami mendengar dan kami taat”. Dan hanya merekalah orang-orang yang berbahagia.” (QS. An-Nuur : 51).

– Jangan Lelah untuk Menuntut Ilmu
Menuntut ilmu itu jangan bosen-bosen atau dinanti-nanti. Selama hayat masih dikandung badan, maka menuntut ilmulah. Tentu yang paling utama itu adalah menuntut ilmu agama.

“Menuntut itu kewajiban bagi setiap muslim (laki-laki atau perempuan).” (HR. Ibnu Majah).

“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).