1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Ingin Menjadi Muslimah yang Mager (Makin Greget)? Lakukan Beberapa Tips Berikut (Part 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

– Gali Passionmu

Setiap orang pasti memiliki sesuatu hal yang disukai, diinginkan dan disayangi yang bisa ia lakukan berjam-jam tanpa merasa capek. Karena ia melakukan semua itu dengan senang hati, bahkan meski ia tak mendapatkan keuntungan apapun, ia tetap melakukan hal itu dengan keinginan sendiri.

Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang ia tidak pernah bosan untuk melakukannya, dimana ia akan mengorbankan segala hal untuk mencapai itu.Sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar manusia, dimana ia tidak memikirkan untung dan rugi.

Yaps, itulah yang disebut passion. Seseorang yang memiliki passion akan terus menerus memikirkan, built-in dalam dirinya, untuk mewujudkan sesuatu, dan ia tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi. Tiada hari tanpa memikirkannya, hari perhari, siang-malam, setiap saat dia tidak akan pernah menyerah, never give-up. Tapi ingat ya, sebagai seorang muslimah passionmu itu tidak boleh yang bertentangan dengan agama dan harus bisa yang memberi manfaat bukan suatu hal yang sia-sia. So, what is your passion?

“Diantara tanda kebaikan islam seseorang ialah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat.” (HR. Tirmidzi)

– Cerdas mencari lingkungan yang baik

Muslimah itu harus cerdas dalam memilih lingkungan. Artinya ia harus memilih lingkungan yang membawa pengaruh positif untuk pengembangan pribadinya, bukan sebaliknya. Sebab, lingkungan yang baik akan mempengaruhi kebaikan bagi dirinyanya pula. Misalnya dengan mencari komunitas mengaji yang bersama-sama mengajak untuk istiqomah berhijrah, mencari temen shaliha yang membuat kita shaliha, dan mengikuti kajian intensif keagamaan.

“Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk”. (HR. Bukhari Muslim)

– Menjadi Agen Peduli Ummat

Seorang muslimah yang makin greget itu seseorang yang tak hanya mengurusi kepentingan diri sendirinya saja, tapi juga masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Cobalah untuk melihat sekeliling kita. Cobalah untuk peduli dengan sesama. Cobalah untuk menjadi agen solutif di tengah-tengah masyarakat. Peduli itu bisa dari lisan dan tindakan kita. Dengan mengajak seseorang kepada kebaikan berarti itu sebuah kepedulian. Mencegah seseorang berbuat keburukan pun itu bentuk kepedulian. Apalagi jika kita bisa membantu mereka yang sedang kesulitan dengan sikap dan aksi nyata dari kita. Ingatlah lisan dan tindakan yang kita niatkan untuk membantu orang lain itu adalah sebuah kepedulian. Peduli pada ummat.

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (QS. Fushshilat: 33).

webinar umroh.com

“Barangsiapa memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga.” (HR. Muslim)

Nah, dari penjelasan di atas tentu kita tidak ingin dicap sebagai muslimah mager (males gerak) bukan? Sehingga mulai saat ini bertekadlah untuk menjadi muslimah mager (makin greget) yang memiliki kualitas diri mumpuni untuk kebaikan dunia dan akhirat nanti. Wallahu a’lam []