1
Tips

Ini 4 Cara Mudah Menjaga Pertemanan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagaimana kata pepatah, ‘memiliki 1000 teman rasanya kurang, dan memiliki satu musuh terasa sangat banyak’, kita harus selalu menjaga pertemanan agar terjaga dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang Allah kirimkan untuk menemani kita, sehingga hubungan silaturahim harus selalu dijaga dengan baik.

Menjaga hubungan pertemanan di tengah kesibukan memang membutuhkan usaha tersendiri. Di bawah ini adalah cara untuk menjaga hubungan pertemanan agar tetap berlangsung dengan baik.

Memerlukan Usaha dari Kedua Belah Pihak

Hubungan pertemanan yang baik tidak akan tercipta jika hanya satu orang saja yang berusaha menjaganya. Jika ingin hubungan pertemanan berlangsung baik dan awet, masing-masing harus menunjukkan usaha untuk mempertahankan hubungan tersebut.

Misalnya ketika ada temanmu yang membawakan kue di hari ulang tahunmu, bawakan juga kejutan manis untuknya saat dia berulang tahun. Atau ketika ada salah seorang yang mengajak bertemu, pihak lain seharusnya menyambut ajakan itu dengan baik.

Walaupun sederhana, tindakan tersebut sebenarnya memerlukan waktu dan tenaga untuk disisihkan.  Jika masing-masing pihak memang ingin pertemanan berlangsung awet, maka tidak akan ada pihak yang merasa keberatan untuk menyisihkan tenaga dan waktu.

Berkomunikasi

Hubungan tidak akan tercipta tanpa adanya komunikasi yang baik. Ketika sudah tidak ada lagi komunikasi yang baik, bisa dikatakan hubungan pertemanan itu sudah tidak berlangsung dengan baik.

webinar umroh.com

Untuk menjaga hubungan pertemanan, masing-masing pihak harus berusaha untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Paling tidak, saling bertanya kabar dan memberi kabar adalah tindakan yang bisa kita lakukan. Tindakan berbagi ini penting agar masing-masing tetap mengetahui kabar teman yang mungkin sudah terpisah jarak, atau jarang bertemu karena kesibukan masing-masing.

Seiring dengan bertambahnya usia dan kesibukan, kita memang tidak bisa bertemu dengan teman sesering dahulu. Namun selalu ada cara bagi dua orang yang memang masih ingin menjalin hubungan pertemanan. Mereka akan menyediakan waktu untuk bertemu, atau berusaha berkomunikasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Misalnya lewat WhatsApp, DM Instagram, dan sebagainya.

Perhatian

Salah satu tanda seseorang yang masih ingin berteman adalah menunjukkan perhatian. Perhatian merupakan salah satu cermin dari kebaikan hati seseorang untuk menjaga pertemanan.

Untuk menjaga hubungan pertemanan, kita bisa menunjukkan perhatian dengan mentraktir makan siang, menemani saat momen penting, memuji, menanyakan kabar, dan sebagainya. Perhatian yang kita tunjukan merupakan salah satu tanda bahwa kita masih menganggap orang tersebut sebagai teman.

Saling Memahami

Lama tidak bertemu membuat kita kurang update tentang kabar dengan teman. Ada kalanya ketika menghubunginya, kita mendapatkan sambutan yang baik. Namun terkadang, kita juga mendapat kesan bahwa ia sedang lelah dan tidak ingin diganggu.

Salah satu cara menjaga hubungan pertemanan adalah dengan saling memahami dan saling menghargai. Jika kita menghubungi dan tidak mendapatkan respon yang menyenangkan, cobalah untuk memahami bahwa mungkin dia sedang lelah atau menghadapi masalah. Jika teman kita adalah tipe orang yang suka bercerita, kita bisa menyediakan diri untuk mendengarkan ceritanya. Jika ia adalah tipe yang lebih suka menyendiri, maka kita sebaiknya memberinya ruang untuk menenangkan diri.

Sebaliknya, ketika kita kebetulan tidak bisa menyisihkan tenaga dan waktu untuk teman yang ingin bertemu, tawarkan waktu lain agar ia tidak kecewa. Pahamilah usaha mereka ketika berusaha menghubungi kita. Katakan bahwa kita akan menghubunginya ketika keadaan sudah membaik, dan suasana hati sudah menjadi lebih ceria.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.