1
Muslim Lifestyle

Ini 4 Kunci Agar Istiqomah dalam Beribadah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagai manusia yang membutuhkan sang pencipta yakni Allah SWT, sudah sepatutnya kita senantiasa beribadah. Ibadah sendiri merupakan suatu perbuatan dalam menjalankan kewajiban yang telah Allah tentukan. Ibadah akan mendatangkan pahala bagi yang mengerjakan. Berikut akan dijelaskan kunci istiqomah dalam beribadah agar diterima oleh Allah SWT.

Umat Islam dianjurkan agar senantiasa beribadah kepada Allah SWT dan ikhlas hanya mengarapkan ridho Allah SWT. Namun, perlu keistiqomahan dalam mengerjakannya agar bisa menjadi lading pahala.

Baca juga: Agar Berkah, Ini 9 Kebiasaan Rasulullah yang Bisa Ditiru!

Pengertian Istiqomah di Jalan Allah

Umroh.com merangkum, istiqomah dalam beribadah adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini lantaran keimanan dan ketaqwaan umat Islam sering naik turun akibat godaan syaitan dan duniawi. Sementara secara bahasa, istiqomah artinya lurus dan secara istilah adalah suatu perbuatan dan sifat yang senantiasa mengikuti jalan yang lurus yakni jalan yang diridhai Allah SWT.

Sementara dalam beribadah, Istiqomah dapat diartikan sebagai suatu sikap untuk senantiasa menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT sebagai suatu ibadah. Perintah untuk beristiqomah tatkala beribadah sejalan dengan perintah untuk selalu berada di jalan yang lurus. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam ayat berikut:

“Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Qs Hud : 112)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Kunci Istiqomah Saat Beribadah

Istiqomah dalam beribadah memang tak semudah yang dibicarakan. Namun, seorang muslim yang baik adalah yang selalu berusaha untuk istiqomah di jalan Allah. Meski terkadang malas dan berat, namun kunci istiqomah inilah yang membantu kita agar senantiasa beribadah kepada Allah Ta’ala.

1. Meluruskan niat

Sebelum melaksanakan ibadah tentu harus berniat dalam hati terlebih dahulu. Dengan memiliki niat yang lurus serta hanya mengharapkan ridha Allah SWT, maka seseorang akan lebih mudah menjalankan ibadahnya dan tidak mudah tergoda pada hal yang dapat membuatnya malas ibadahnya.

webinar umroh.com

Niat juga merupakan penentu suatu ibadah dan ia mendapatkan pahala atau ganjaran sesuai dengan niat ibadah dalam hatinya. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini.

“Sesungguhnya setiap amalan hanyalah tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang dia niatkan, maka barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang hendak dia raih atau karena wanita yang hendak dia nikahi maka hijrahnya kepada apa yang dia hijrah kepadanya” (HSR. Bukhary-Muslim dari ‘Umar bin Khoththob radhiallahu ‘anhu)

2. Memahami makna syahadat

Seorang muslim pastinya mengenal dua kalimat syahadat. Namun, tidak semua orang mengetahui makna sebenarnya dari dua kalimat syahadat. Karena itulah agar bisa istiqomah dalam beribadah, maka seorang muslim harus bisa memaknai arti syahadat dan mengetahui bahwa dengan mengucapkan syahadat berarti memiliki kewajiban sebagai seorang muslim termasuk dalam beribadah. Hal ini lantaran badah adalah suatu konsekuensi dari ucapan syahadat seorang muslim dan sifatnya mengikat.

Mau jadi tamu istimewa Allah? Yuk temukan paket umrohnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Memperbanyak bacaan Al Qur’an

Membaca Al Qur’an setiap hari secara rutin adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan membaca Al Qur’an secara rutin dapat membuka hati setiap muslim sehingga membantu agar lebih istiqomah beribadah di jalan Allah SWT.

Al Qur’an sendiri adalah kitab suci umat islam yang bisa meneguhkan hati seorang muslim sehingga ia tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal yang mampu merusak imannya. Sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT berikut ini:

Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)“ (QS An Nahl :102)

4. Bergaul dengan orang-orang shaleh

Sebagai makhluk sosial, hubungan manusia tak terlepas dengan manusia lainnya sehingga perilaku seorang manusia juga biasanya dipengaruhi oleh orang-orang disekitarnya. Karena itulah jika ingin selalu istiqomah dalam beribadah, maka banyaklah bergaul dengan orang shaleh karena mereka senantiasa menjagamu dalam kebaikan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini:

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Itulah kunci istiqomah saat beribadah. Penting sekali untuk dilakukan agar bisa istiqomah di jalan Allah SWT.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.