1
Tips

Ini 6 Manfaat Travelling bagi Karirmu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Travelling sering dianggap sebagai sebuah cara untuk liburan dan menyenangkan diri sendiri. Namun ternyata, travelling memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kemajuan karir seseorang, lho. Ada beberapa manfaat bagi karir yang diperoleh dari travelling.

Memperoleh Pandangan tentang Kehidupan yang Lebih Jernih 

Melakukan perjalanan atau travelling berarti sejenak menjauh dari rutinitas sehari-hari. Beberapa waktu berada di tempat yang asing membuat kita jadi lebih mudah melakukan refleksi dan mengevaluasi kehidupan. Inilah yang akan membuat kita jadi lebih memahami apa yang kita inginkan butuhkan dalam hidup. Pandangan kita menjadi lebih jelas, sehingga membuat memiliki keberanian lebih untuk mengontrol hidup ketika kembali ke rutinitas.

Lebih Memahami Orang Lain

Travelling ke tempat baru akan membuat kita bertemu dengan orang-orang baru. Orang-orang tersebut bisa saja memiliki kebudayaan dan latar belakang yang berbeda. Bahkan mereka berbicara dengan bahasa yang berbeda.

Berbincang-bincang dengan penduduk lokal di tempat yang kita datangi akan membuat kita mendapatkan sudut pandang baru tentang manusia. Ini akan membuat kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang manusia.

Memahami orang lain merupakan salah satu kunci sukses dalam kehidupan seseorang. Kesuksesan sebuah bisnis atau kita bermula dari kemampuan untuk memahami kebutuhan orang lain, dan kemampuan untuk menyelesaikannya. Baik memahami kebutuhan customer, maupun memahami persoalan yang dihadapi oleh rekan kerja.

Membuat Batas untuk Diri Sendiri

Saat travelling ke tempat lain, kita akan mendapati lokasi yang baru dengan segala hal yang baru. Ini berarti kita telah mencoba untuk keluar dari zona nyaman. Di luar zona nyaman, kita akan menghadapi masalah atau hal yang tidak biasa.

Menghadapi masalah di luar zona nyaman akan membuat kita merasa lebih percaya diri, sehingga kita menjadi seseorang jadi lebih mudah berkata tidak dan menentukan mana yang baik untuk diri sendiri dan perusahaan.

Belajar Mengambil Keputusan

Berada di luar zona nyaman juga akan membuat kita belajar memecahkan masalah dengan mengambil beberapa keputusan-keputusan penting. Kondisi ini akan membuat kita merasakan pengalaman dalam mengambil keputusan dan menjalani keputusan itu. Traveling membuat seseorang terbiasa mengambil keputusan dan menanggung konsekuensi dari setiap keputusan yang akan diambil.

webinar umroh.com

Dalam menjalani karir, seseorang membutuhkan kemampuan untuk membuat keputusan. Baik yang berhubungan dengan kebutuhan konsumen, maupun keputusan-keputusan untuk mengambil arah perusahaan.

Belajar Bertanya kepada Orang Lain

Saat travelling, kita harus terbiasa untuk banyak bertanya dengan orang-orang yang ada di sekeliling. Entah untuk sekedar menyapa, atau bertanya tentang lokasi atau tentang rekomendasi tempat wisata.

Pada dasarnya, orang-orang yang ada di sekitar kita saat travelling adalah orang yang baik. Namun salah mengajukan pertanyaan bisa membuat kita juga mendapat jawaban yang salah. Karena itu travelling akan melatih kita untuk bertanya dengan kalimat yang tepat, agar mendapatkan jawaban yang tepat.

Kemampuan untuk bertanya sangat penting dalam karir seseorang. Informasi yang berguna bagi kemajuan perusahaan berawal dari kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat kepada pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis.

Menghadapi Situasi yang Tidak Terduga

Akan ada banyak situasi tidak terduga yang akan kita hadapi saat traveling. Mulai dari nyasar, hingga kehilangan uang saku. Ini akan membuat kita belajar cara menghadapi situasi yang tidak terduga. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat jika diterapkan di karir. Bagaimanapun juga, akan ada banyak masalah yang dihadapi dalam sebuah perjalanan karir. Masalah tersebut membutuhkan kecepatan dan kejelian kita untuk menghadapi situasi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.