1
Kesehatan

Ini 6 Nikmat Mandi Air Panas

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ketika sedang tidak enak badan, keluarga menyuruh kita untuk mandi air panas. Walaupun langkah tersebut sederhana, namun ternyata ampuh membuat badan kita jadi lebih segar.

Mandi air panas saat sakit memang membawa manfaat tersendiri. Akan tetapi, bukan hanya saat sakit, manfaat mandi air panas juga bisa dirasakan dalam banyak kondisi. Tidak heran, banyak orang yang menyarankan mandi air panas agar kondisi kita jadi lebih baik. Bahkan di negara-negara tertentu, mandi di pemandian air panas adalah kearifan lokal yang tidak boleh ditinggalkan. Kegiatan ini dianggap mampu menyegarkan badan dan pikiran.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak manfaat mandi dengan air panas di bawah ini.

  1. Menyehatkan Kulit

Air panas ternyata memiliki manfaat positif bagi kulit. Kulit jadi lebih lembut dan lebih sehat karena pori-pori yang terbuka. Manfaat air panas ini juga membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga kulit jadi lebih cerah.

  1. Melegakan Saluran Pernafasan

Saat flu, orang tua biasanya menyuruh kita untuk mandi dengan air panas. Bukan tanpa alasan, karena air panas memang bisa meringankan sakit flu. Air panas bekerja sebagai decongestant alami yang membersihkan jalur nafas yang tersumbat saat flu. Kita jadi merasa lebih mudah bernafas, dari yang semula merasakan hidung tersumbat. Karena itu, mandi dnegan air panas bisa meringankan tubuh yang terkena gejala flu.

Uap panas juga akan masuk melalui saluran pernafasan, sehingga membuat kita merasa lebih nyaman.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Suhu air yang hangat atau panas juga membantu melancarkan peredaran darah. Karena itu, saat kita mandi dengan air panas ketika sakit, tubuh jadi terasa lebih nyaman. Itu karena air panas sedang bekerja menstimulasi proses penyembuhan, serta mengurangi inflamasi dalam tubuh.

  1. Melemaskan Otot

Mandi dengan air panas bisa melemaskan otot-otot yang kaku. Tidak heran jika kita merasa nyaman setelah mandi dengan air hangat di sore hari, setelah lelah beraktivitas. Suhu panas yang mengguyur tubuh bisa meredakan nyeri otot, melemaskan otot yang tegang atau melintir.

webinar umroh.com
  1. Membuat Kita Mudah Tidur

Saat mandi air hangat di malam hari, bisa membuat tubuh lebih tenang dan rileks. Selain itu, air yang panas bisa memanipulasi tubuhmu untuk segera beristirahat. Temperatur tubuh akan meninggi setelah terkena air panas. Ketika kita selesai mandi, kita akan berjalan menuju ruangan yang temperaturnya lebih rendah. Perubahan suhu ruang ini akan membuat temperatur tubuh menurun, detak jantung melambat, dan nafas menurun. Kondisi ini akan memberi isyarat pada tubuh untuk segera tidur dan beristirahat. Kita jadi tidur lebih nyenyak.

  1. Membuat Pikiran Nyaman

Siapa sangka ternyata air panas bisa membuat pikrianmu jadi lebih tenang dan nyaman. Air panas bermanfaat menaikkan hormon oxytocin dalam tubuh. Oxytocin adalah hormon yang membuat kita jadi lebih rileks dan tenang. Karena itulah air panas dipercaya mampu menyembuhkan pikiran yang sedang dilanda kecemasan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.