1
Motivasi Muslim Lifestyle

Ini 7 Cara Kalem Menghadapi Kritik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Berhadapan dan melayani orang lain membuat kita bertemu berbagai macam karakter. Ada orang-orang yang puas dengan hasil kerja kita, dan ada yang menunjukkan kekecewaannya. Tidak jarang juga ada yang berbaik hati menyampaikan kritik kepada kita. Saat menghadapi kritik hadapilah secara kalem dengan 7 cara di bawah ini.

Dengarkan Walaupun Terasa Menyakitkan

Ketika seseorang menilai hasil kerja kita kurang baik, tentunya ada rasa tidak nyaman yang kita rasakan. Memang kita telah bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Namun jika ada orang yang memberikan kritik, dengarkan saja apa yang mereka sampaikan. Jangan memutus perkataan mereka walaupun terasa menyakitkan hati. Dengarkan kata demi kata dengan tenang dan kendalikan emosi. Menanggapi kritik dengan emosi akan membuatmu menyesal di kemudian hari.

Temukan Hal-Hal Baik dari Kritik yang Disampaikan

Berpikirlah positif, bahwa orang yang menyampaikan kritik sedang berusaha membuatmu jadi pribadi yang lebih baik. Temukan hal-hal baik dari kritik yang ia sampaikan. Di samping caranya yang menyakitkan, kita bisa memutuskan untuk melihatnya dari sisi positif. Saat kita menanggapi kritik tersebut dengan positif, kita bisa bereaksi dengan lebih ringan.

Saat Kesalahan Ada Padamu, Minta Maaflah

Sebagai manusia, tentu saja kita memiliki kekurangan. Karena itu saat ada orang yang menyampaikan kritik, akuilah kekurangan yang ada padamu. Sangat disarankan untuk meminta maaf jika kekurangan tersebut mengganggu kenyamanan orang lain. Bersyukurlah ada orang yang mau menyampaikan kritik, bukannya menyebarkan keburukanmu pada orang lain. Jadikan hal itu sebagai kesempatan bagus untuk belajar dan memperbaiki diri.

Jika Kamu Tidak Sependapat Sampaikan dengan Santun

Sangat wajar jika kita memiliki pandangan yang berbeda dengan orang yang mengkritik. Namun perbedaan pandangan tersebut jangan sampai membuat kita menjadi orang yang tidak santun. Dengarkan kritik yang mereka sampaikan, lalu utarakan alasanmu melakukan hal yang dianggapnya kurang. Jelaskan dengan baik agar ia mengerti dan memahami pandanganmu.

Bedakan Antara Punya Prinsip dengan Keras Kepala

Memiliki pandangan yang berbeda dengan orang yang mengkritik adalah hal yang sangat wajar. Itu tandanya kita adalah pribadi yang memiliki prinsip. Akan tetapi, jangan sampai kita terjebak dengan sikap keras kepala.

Gunakan pikiran yang jernih saat menanggapi kritik dan lihatlah dengan kacamata yang lebih luas. Sifat keras kepala ditandai dengan keengganan untuk melihat sudut pandang orang lain, serta menolak melakukan hal yang lebih baik bagi kenyamanan orang yang lebih banyak.

Jadikan Sebagai Kesempatan untuk Belajar Sudut Pandang Baru

Saat mendengarkan kritik dari orang lain, kita jadi bisa belajar tentang cara pandang yang baru. Meskipun cara pandang tersebut sangat berbeda dengan apa yang kita miliki selama ini, jadikan kritik tersebut sebagai referensi untuk mengambil keputusan di kemudian hari. Mempertimbangkan pandangan orang lain dalam mengambil keputusan adalah salah satu sikap yang bijaksana dan tidak egois.

webinar umroh.com

Mintalah Kritik yang Membangun

Tidak jarang kita menghadapi kritik yang begitu menyakitkan hingga membuat kita berprasangka buruk. Kita jadi menduga-duga orang tersebut tulus memberikan kritik, atau hanya ingin menjatuhkan.

Jika kita menghadapi pernyataan yang tampak menjatuhkan, tanyakan dengan sopan solusi yang bisa ia berikan agar kita menjadi lebih baik. Dengan begitu orang tersebut akan sadar dan akan memberikan kritik yang lebih membangun.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.