1
Muslim Lifestyle

Ini 8 Keuntungan Membaca Al Qur’an

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kapan terakhir kali membaca Al Qur’an? Berdoalah agar Allah memberikan kesempatan membaca Al Qur’an setiap hari. Karena Al Qur’an bukan bacaan biasa, ada banyak manfaat yang kamu dapat jika rajin membaca Al Qur’an. Di bawah ini adalah 8 keuntungan yang akan kamu dapat.

  1. Sebagai Bentuk Ibadah kepada Allah SWT

Membaca Al Qur’an merupakan sebuah amalan yang sangat Allah sukai. Di dalam Al Qur’an, terdapat banyak petunjuk agar kita selamat di dunia dan akhirat. Dengan rajin membaca Al Qur’an, kita jadi lebih dekat kepada Allah dan lebih mudah memperoleh petunjukNya.

  1. Al Qur’an Akan Menjadi Saksi Bagimu di Hari Akhir

Al Qur’an yang kita baca akan menjadi saksi bagi kita kelak di akhirat. Ia akan bersaksi bahwa kita selalu membacanya saat masih di dunia. Kesaksian dari Al Qur’an yang kita baca tersebut tentu bisa meringankan langkah kita saat hari pembalasan.

  1. Mengangkat Derajat

Di dalam Al Qur’an, terhadap berbagai ilmu yang tersimpan. Ilmu-ilmu dan petunjuk tersebut akan membuat kita menjadi orang yang diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Bahkan saat kita tidak memahami arti dari Al Qur’an, Allah dengan kuasaNya akan mengangkat derajat di dunia dan akhirat bagi mereka yang gemar membaca Al Qur’an.

  1. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Sering melantunkan dan mendengarkan kalam Allah bisa membentuk kita menjadi pribadi yang baik. Selain karena ilmu dan petunjuk yang diperoleh, Al Qur’an sendiri merupakan mukjizat Rasulullah SAW. AL Qur’an bisa membuat siapa saja yang membacanya teringat kepada Allah SWT. Saat kita mengingat keberadaan Allah, maka kita akan selalu berada dalam bimbinganNya. Inilah yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Menenangkan Jiwa

Al Qur’an bukanlah buku bacaan biasa. Kitab tersebut merupakan kalam Allah dan Mukjizat yang dimiliki oleh Rasulullah Muhammad SAM. Salah satu efek dari bacaan Quran adalah bisa menenangkan jiwa. Jika kita rajin membaca Al Qur’an, kebiasaan ini bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih tenang dan tidak emosional.

  1. Memperoleh Pahala yang Berlimpah

Ada pahala berlimpah yang dijanjikan kepada mereka yang membaca Al Qur’an. Dalam satu huruf Al Qur’an, ada 10 pahala yang akan kita dapatkan. Bayangkan jika kita membaca satu surat, maka kita akan mendapatkan banyak pahala yang akan jadi tabungan kita bagi kebaikan di dunia dan akhirat.

  1. Digolongkan Sebagai Ahli Quran

Mereka yang gemar membaca, memahami, mengamalkan, dan menghafalkan Al Quran akan digolongkan sebagai ahli Quran. Keistimewaan lebih juga akan diterima mereka yang mengajarkan Al Quran kepada orang lain. Saat kita diistimewakan manusia, semua akan terasa mudah. Bagaimana jika yang memberi keistimewaan adalah Pemilik Alam Semesta?

webinar umroh.com
  1. Sebagai Jalan Menuju ke Surga Allah

Banyak jalan menuju surga dan salah satu caranya adalah dengan menjadi orang yang dekat dengan Al Qur’an. Rajin membaca Al Qur’an saat masih hidup di dunia bisa menjadi bekal kita agar lebih ringan melangkah ke surga.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.