1
Kesehatan

Ini Bahaya Bagi Kesehatan Anda Saat Rumahmu Kotor Berantakan (Part 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Rumah berantakan sangat tidak enak dipandang. Tumpukan surat yang belum dibuka, pakaian kotor, dan mainan yang terlupakan adalah beberapa penyebab kekacauan paling umum di setiap rumah. Terlalu banyak sampah sebenarnya bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Berikut ini akibat yang kita dapatkan jika rumah berantakan:

Menambah berat badan

Apa hubungannya? Tentu saja, tumpukan kertas tidak benar-benar berdampak langsung menambah berat badan, tetapi itu dapat meningkatkan stress dalam hidup kita. Hal ini memungkinkan kita makan berlebihan. Sebuah panel penguji menemukan, menangani kekacauan dengan tujuan penurunan berat badan cukup efektif.

Membuat lelah

Bahkan jika tidur lebih awal, hal ini sulit membuat kita segar jika buku-buku tergeletak berantakan. Sebuah studi di Princeton University Neuroscience Institute menemukan bahwa orang dengan rumah berantakan mengalami peningkatan kelelahan akibat perluasan energi mental pada stres yang disebabkan oleh lingkungan. Tidak hanya itu, rumah yang berantakan membuat penghuni lebih sulit untuk fokus dan memproses informasi. Artinya, kita harus berusaha lebih keras dan mengeluarkan lebih banyak energi untuk melakukan tugas sehari-hari.

Berdampak negatif pada pembuatan keputusan

Studi yang sama dari Universitas Princeton menjelaskan bahwa kesadaran dan gangguan dari kekacauan yang ada akan menurunkan kondisi mental kita. Akibatnya, kita lebih mungkin menjadi frustrasi, sehingga membuat keputusan berbeda dari pikiran kita biasanya.

Menambah biaya

webinar umroh.com

Bila kita memiliki tumpukan surat yang belum dibuka, padahal surat tersebut berisi tagihan dan kita lupa membayarnya, maka kita harus membayar biaya lebih atas keterlambatan. Contoh lain, jika kita tidak dapat menemukan benda yang kita butuhkan karena berantakannya rumah kita, padahal benda tersebut sangat mendesak untuk kita perlukan segera, pada akhirnya mungkin kita akan membeli yang baru.

Menciptakan lingkungan bagi kuman dan hama

Jika kita tidak dapat melihat permukaan benda yang sudah tertumpuk kotoran, bagaimana bisa membersihkannya? Lebih lanjut, jika kebiasaan kita termasuk meninggalkan piring kotor semalaman, pada dasarnya Kita hanya mengundang serangga seperti kecoa ke dalam rumah.

Membuat kita selalu terlambat

Mungkin kita selalu bangun lebih pagi sebelum beraktivitas seperti bekerja. Namun, mengapa kita masih saja terlambat? Hal ini mungkin diakibatkan karena kita harus menghabiskan waktu untuk mencari hal-hal yang kita butuhkan namun tidak tampak karena berantakannya rumah kita, sehingga untuk menemukannya pun cukup memakan waktu.

Berbahaya secara fisik

Berapa kali kita tersandung benda yang lagi berserakan? Apakah kita pernah tergelincir benda-benda yang tercecer di lantai? Tumpukan barang berserakan sembarangan di sekitar rumah kita pasti akan menyebabkan kecelakaan. Jangan biarkan risiko pergelangan kaki terkilir menjadi tinggi akibat rumah yang berantakan.

Itu tadi beberapa akibat jika kita membiarkan rumah berantakan. Kita jadi tahu pentingnya menghubungi personal desainer kita untuk membantu mengatur design rumah yang tidak mudah berantakan dan mudah dibersihkan. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kita agar selalu membuat rumah kita bersih dan rapi.