Customer Support Sedang Online
0813-7730-1977 info@umroh.com

Assalamualaikum. Apa yang bisa kami bantu?

Ketik untuk mengirim pesan...

1
Kesehatan Kuliner

Ini Cara Memasak Sayur Agar Tetap Sehat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sayuran memberikan beragam nutrisi penting bagi tubuh. Karena itulah menu sayur harus selalu ada di setiap hari. Sayur juga merupakan bahan makanan yang tidak terlalu mahal, sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasak sayur. Sayuran bisa kehilangan nutrisi jika tidak tepat cara memasaknya. Untuk memasak sayuran agar tetap sehat, perhatikan hal-hal di bawah ini.

Jangan Merendam Sayur

Sebelum dimasak, sayur memang harus dicuci terlebih dahulu. Namun, selalu ingat untuk tidak merendam sayuran saat membersihkannya. Membersihkan sayur dengan merendam akan membuat banyak nutrisinya hilang. Lebih baik, cuci sayuran dengan air mengalir.

Tidak Memotong Sayuran Terlalu Kecil

Sayuran lebih baik jika diolah dengan dipotong besar-besar. Dengan begitu, saat mencuci atau memasak, vitamin-vitamin di dalamnya tidak banyak yang terlalu larut dalam air. Potonglah dengan potongan yang lebih besar. Jika ingin lebih mudah menyantapnya, potong lebih kecil saat sudah matang.

Menggunakan Bahan Pelengkap yang Sehat

Bagi orang Indonesia, sayur sering dimasak bersama dengan bahan tambahan lain, seperti minyak saat menumis, atau santan. Penggunaan keduanya tidak dilarang, namun perlu diperhatikan agar menggunakan sedikit minyak, atau tidak memanaskan santan secara berulang. Santan yang dipanaskan terlalu sering memang lebih enak, namun juga akan menghasilkan minyak yang kurang sehat.

Perhatikan Proses Memasak

Pada intinya, sayuran akan kehilangan nutrisinya jika dimasak dengan suhu yang terlalu tinggi, atau waktu yang terlalu lama. Misalnya direbus terlalu lama, atau atau dimasak dengan suhu yang terlalu tinggi. Ciri sayur yang sudah kehilangan nutrisi adalah warnanya yang berbeda dengan aslinya.

Cara memasak sayur agar tidak hilang nutrisinya adalah dengan :

  • Merebus Sebentar di Air Mendidih

Cara ini harus dilakukan dengan cepat, agar sayur tidak terlalu lama dimasak. Metode yang disebut juga dengan blenching ini akan membuat sayuran matang, namun tetap penuh nutrisi. Saat di-blench, sayur akan memiliki warna yang lebih cerah.

  • Mengukus Sayuran

Mengukus sayuran bisa membuat nutrisi baik di dalamnya bisa lebih bertahan. Saat dikukus, sayuran tidak dimasukkan langsung di dalam air, yang biasanya membuat nutrisi di dalamnya larut saat direbus. Mengukus akan membuat sayuran matang tanpa menghilangkan nutrisinya.

  • Memanggang Sayuran

Sayuran yang teksturnya keras dan padat bisa dimasak dengan cara dipanggang. Misalnya kentang, wortel, labu, bawang bombay, dan sebagainya. Memanggang akan membuat teksturnya menjadi lebih empuk dan ada sedikit aroma asap. Memanggang sayuran bisa dilakukan di atas kompor atau di dalam oven.

  • Menumis Sayuran

Sayuran yang ditumis banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Menumis dengan beragam bumbu akan membuat sayuran menjadi lebih bercita rasa, sekaligus memiliki tekstur yang tidak jauh dari aslinya. Perlu diingat, untuk tidak terlalu lama saat menumis sayuran, serta tidak menggunakan terlalu banyak minyak.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.