1
Kesehatan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Usus Besar. Selagi Puasa, Kamu Wajib Coba

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Usus besar bekerja menyerap semua cairan dari makanan yang telah dicerna di usus kecil. Cairan ini akan dibawa ke seluruh tubuh untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Di samping fungsi tersebut, usus besar juga menjadi tempat penampungan sementara bagi sisa pencernaan, serta membantu dalam proses pembuangannya.

Banyaknya kotoran di dalam usus besar membuat kita perlu “membersihkan” usus besar dari sisa makanan yang bertumpuk terlalu lama. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan tertentu.

Makanan yang kita konsumsi tidak hanya berpengaruh pada jantung, otak, atau otot, namun juga untuk usus besar. Untuk menjaga agar usus besar tetap sehat, kita perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan usus besar adalah hal yang sering diabaikan, namun sangat penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa tahun terakhir, penyakit kanker usus besar banyak mengancam kesehatan manusia. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Selagi bulan puasa, di mana pencernaan kita sedang diistirahatkan, yuk kita maksimalkan untuk membersihkan usus besar dari racun-racun akibat makanan yang bertumbuk. Cobalah untuk mengkonsumsi 6 makanan ini saat sahur dan berbuka.

  1. Nasi Merah

Untuk menjaga kesehatan usus besar, pastikan kita tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak diproses. Usahakan mengkonsumsi makanan yang masih mendekati bentuk aslinya. Dalam memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, cobalah untuk rutin mengkonsumsi nasi merah atau nasi cokelat. Nasi merah atau nasi cokelat masih memiliki banyak serat karena tidak terlalu banyak diproses.

Nasi merah masuk dalam jajaran makanan utama untuk membersihkan usus besar. Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2017, mengkonsumsi nasi merah bisa menurunkan resiko kanker sebesar 17%.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga memiliki serat yang membantu kinerja usus besar. Polip di usus besar (gumpalan di usus besar yang bisa berkembang menjadi kanker) bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi kacang-kacangan.

webinar umroh.com
  1. Chia Seeds

Dua sendok Chia Seeds bisa memberikan pasokan 10 gram serat, atau sebanyak 40 persen dari kebutuhan serat per hari, lho. Serat merupakan bahan yang penting untuk menyingkirkan senyawa racun dari usus besar. Nutrisi di dalamnya juga akan mengganggu kesehatan usus besar.

  1. Sayuran

Serat terbaik bersumber dari sayuran. Sebuah studi menjelaskan bahwa mereka yang mengkonsumsi seporsi sayuran hijau memiliki resiko lebih kecil terkena kanker usus besar, dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi sayur.

Pastikan sayuran ada dalam menu harianmu untuk menjaga kesehatan usus besar. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, sawi, bayam, memiliki banyak serat yang baik bagi usus besar.

  1. Ikan

Ikan dengan kandungan asam lemak, seperti salmon dan sarden, sangat baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Asam lemak omega 3 membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker, bahkan bisa menyingkirkannya.

  1. Yoghurt

Produk yang difermentasi kaya akan probiotik. Kandungan ini yang akan membantu menurunkan resiko kanker usus besar sebanyak 38% sebagaimana dipublikasikan dalam International Journal of Cancer.

Bakteri baik dalam probiotik juga membantu mengurangi gas yang timbul di usus besar ketika mencerna kacang-kacangan atau sayuran.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.