1
Motivasi

Ini Dia 8 Ciri Orang yang Percaya Diri. Apakah Kamu Memilikinya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kepercayaan diri merupakan suatu kondisi mental di mana seseorang mengenal dirinya, meyakini kemampuan dirinya, dan mampu bertindak sesuatu dengan apa yang ia yakini. Kemampuan untuk percaya diri sangat dibutuhkan bagi seseorang yang ingin mencapai kesuksesan. Orang yang percaya diri akan mampu mengatasi setiap halangan dengan positif. Lalu, bagaimana tanda seseorang yang memiliki kepercayaan diri? Di bawah ini adalah ciri-ciri orang yang percaya diri.

  1. Tahu Apa yang Kamu Mau

Orang yang percaya diri tahu apa yang diinginkannya. Ia tahu apa tujuan hidupnya, dan menjalaninya setiap hari dengan tenang dan penuh keyakinan. Inilah yang membuat seseorang yang percaya diri tidak akan berpura-pura di hadapan orang lain. Ia tahu bahwa yang diinginkannya adalah yang terbaik baginya, sehingga tidak sibuk berusaha membuat orang lain menyukainya.

  1. Selalu Mencintai Diri Sendiri

Mereka yang memiliki kepercayaan diri adalah orang yang mencintai dirinya. Ia mengetahui bahwa Allah telah memberinya kelebihan untuk dimaksimalkan. Akan tetapi, kelebihan tersebut tidak membuatnya menyombongkan diri. Ia sadar bahwa dirinya juga memiliki kekurangan, sehingga merasa tidak layak jika harus mengunggulkan diri sendiri.

  1. Memberikan Senyum Tulus kepada Orang Lain

Orang yang percaya diri adalah orang yang bahagia. Ia menghargai hidupnya, serta menghargai orang lain. Inilah yang membuatnya senantiasa tersenyum. Senyum yang diberikannya juga tulus, berasal dari hatinya yang bahagia. Ia yakin, senyum tulus yang diberikannya juga bernilai ibadah untuk membuat orang lain juga merasa bahagia.

  1. Tidak Melemparkan Tanggung Jawab

Melemparkan tanggung jawab adalah sesuatu yang tidak akan dilakukan orang yang percaya diri. Ia tahu apa yang dilakukannya, dan selalu menyadari ada resiko di setiap tindakannya. Karena itulah ia selalu merasa siap bertanggung jawab jika resiko yang diperkirakan terjadi.

  1. Tidak Canggung Saat Suasana Hening

Saat bercakap-cakap dengan orang lain, selalu ada keheningan ketika kita kehabisan obrolan. Situasi tersebut tidak membuat orang yang percaya diri merasa canggung. Ia tahu bahwa keheningan adalah sesuatu yang harus dihargai. Dalam keheningan, orang yang percaya diri akan menikmatinya dan menganggapnya sebagai sebuah proses dalam hubungan yang harus dilalui.

  1. Tidak Ragu Mengakui Kekurangan

Kekurangan yang dimiliki tidak membuat orang yang percaya diri menutupinya. Justru mereka tidak akan ragu mengakuinya. Saat kita mengakui kekurangan kita, hal tersebut akan mempermudah kita untuk belajar. Orang-orang yang kita temui tidak akan segan berbagi ilmu ketika kita tidak ragu menunjukkan kekurangan dan kelemahan kita.

  1. Tidak Menghakimi Orang Lain

Menghakimi kekurangan orang lain bukanlah karakter seseorang yang percaya diri. Ia tidak akan sibuk julid membicarakan orang lain, baik yang ditemuinya di dunia nyata, maupun yang dilihatnya di dunia maya. Orang yang percaya diri meyakini bahwa di balik kekurangan yang ditemuinya, orang lain pasti memiliki kelebihan yang tidak ia miliki.

webinar umroh.com
  1. Tidak Takut Menghadapi Kegagalan

Kegagalan adalah sesuatu yang tidak akan membuat orang yang percaya diri patah semangat. Orang yang percaya diri menganggap bahwa kegagalan adalah peristiwa yang akan membuatnya banyak belajar dan memperbaiki diri.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.