1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Inilah 3 Macam Hati Menurut Imam Al-Ghazali

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

3 MACAM HATI

Imam Al-Ghazali membagi hati menjadi 3 macam :

1. Hati yang sehat dan bercahaya, (yaitu hatinya orang-orang yang beriman, ikhlas dan penuh cinta).

2. Hati yang sakit, (yaitu hatinya orang-orang yang jengkel, dongkol, dendam, su’udzon, marah, suka menghasut, suka menggunjing).

3. Hati yang mati, (yaitu hatinya orang yang ingkar dan durhaka kepada ALLAH, Rasulullah, kedua orang tua, kepada Ulama’ dan Guru).

Imam Al-Ghazali berkata penyebab hati menjadi mati :

→Ingkar kepada ALLAH, Rasulullah dan Para Ulama’,

→Prasangka buruk,

webinar umroh.com

→Menggunjing,

→Memfitnah,

→Malas Ibadah,

→Memakan makanan yang haram,

→Terlalu cinta dunia,

→Tidak Ikhlas,

→Marah dan dendam,

→Kurang Bersyukur.

Semoga kita semua dapat memiliki hati yang sehat, dan dapat dihindarkan dari hati yang sakit apalagi mati. Oleh karena itulah, sudah sepatutnya kita semua berusaha untuk dapat menghindarkan diri ini dari segala macam perbuatan yang dapat membuat hati kita ini menjadi sakit seperti jengkel, dongkol, dendam, su’udzon, marah, suka menghasut, dan suka menggunjing.

Terlebih lagi kita semua pastinya sangat harus senantiasa menghindarkan diri ini dari segala macam perbuatan yang dapat menyebabkan hati ini menjadi mati seperti perbuatan ingkar kepada Allah, Rasul, dan ulama, berprasangka buruk, memfitnah, menggunjing, malas ibadah, memakan makanan haram, terlalu cinta dunia, tidak ikhlas, marah, dendam, dan kurang bersyukur.

Latihlah selalu hati ini agar dapat selalu menjadi hati yang dapat senantiasa sehat dan bercahaya, salah satunya adalah dengan selalu beriman, dan juga melatih diri untuk bersikap ikhlas, dan penuh cinta.

Ya Allah, Terangilah hati-hati kami semua ini dalam keridhaanmu yang selalu tertuju pada cinta yang abadi dalam penghambaan kami kepada-MU ya Allah.. Aamiin….