1
Motivasi Muslim Lifestyle News

Inilah 6 Kewajiban Terhadap Sesama Muslim yang Harus Dibudayakan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

6 kekwajiban seorang muslim terhadap muslim lain nya.

– Mengucapkan salam.
Salam pada hakikatnya merupakan sebuah do‘a. Jadi apabila kita bertemu dengan salah seorang saudara kita sesama muslim, maka ucapkanlah salam kepadanya. Karena dengan begitu kita telah mendo‘akannya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

“Kalian tidak akan masuk Surga hingga kalian beriman, dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi. Maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang mana apabila kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling menyayangi. Sebarkanlah salam di antara kalian.”

– Memenuhi undangan.
Undangan adalah sebuah ajakan yang dibuat oleh saudara kita untuk dapat menyambung silaturahim. Artinya, jika kita memenuhi undangan berarti kita juga sudah menyambungkan tali silaturahim antar sesama saudara. Menyambung silaturahim pun sangat penting kita lakukan dan dibudayakan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam pernah bersabda:

“Barangsiapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.”

– Memberikan nasehat kepadanya.
Ketika kita melihat saudara kita sedang bingung atau mungkin bimbang, maka berikanlah sebuah nasehat kepadanya, tidak peduli apakah ia meminta ataupun tidak. karena setiap orang pasti membutuhkan yang namanya nasehat. Berikanlah nasehat yang baik dan dengan tidak menggunakan perkataan yang bisa menyinggung hatinya, dan tentunya agar ia tetap selamat dunia dan akhirat.

webinar umroh.com

– Mendo‘akan orang bersin.
Mendo‘akan orang bersin atau bertasymit sudah sangat jarang kita temui. Padahal bertasymit merupakan salah satu kewajiban kita kepada sesama muslim lainnya.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Maka jika salah seorang kalian bersin dan memuji Allah, wajib bagi setiap muslim yang mendengarnya agar mendoakannya: Yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu).”

– Menjenguk orang sakit.
Ketika saudara sesama muslim kita sedang sakit, hendaklah kita menjenguknya, karena dengan menjenguknya kita juga dapat memberikan manfaat kepada mereka seperti secara tidak langsung memberinya semangat agar ia sembuh.

Keutamaan menjenguk orang sakit pun begitu besar. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya sesama muslim, maka dia berjalan di tepi Surga sampai dia duduk, apabila telah duduk maka dia diliputi oleh rahmat, apabila di waktu pagi hari, maka tujuh puluh ribu Malaikat memberikan shalawat kepadanya hingga tiba waktu sore, dan jika di waktu sore maka tujuh puluh ribu Malaikat memberikan shalawat kepadanya sampai waktu pagi.”

– Mengantarkan jenazah.
Kematian adalah sebuah kepastian. Karena itu apabila ada saudara kita sesama muslim meninggal, maka iringilah jenazahnya untuk mengambil pelajaran darinya sekaligus agar kita ingat bahwa suatu saat kita pun akan meninggal.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

“jenguklah orang sakit dan iringilah jenazah, karena hal itu akan mengingatkan kalian akan akhirat.”

Demikianlah 6 kewajiban yang sepatutnya harus dilakukan oleh seorang muslim terhadap muslim lainnya. Mungkin hal-hal tersebut merupakan perbuatan yang mulai sering kali kita anggap remeh, kita lalaikan, bahkan kita lupakan. Oleh karena itulah mulai dari sekarang kita hidupkan kembali kebiasaan-kebiasaan tersebut. Semoga kita bisa kembali menerapkan kewajiban tersebut di dalam kehidupan kita sehari-hari.