1
Motivasi News

Inilah Ayat-Ayat di Al-Quran yang Menjelaskan Kemuliaan Manusia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pada awalnya, kita akan melihat ayat-ayat Allah yang memuliakan manusia. Terdapat beberapa kriteria ayat di Al-Qur’an yang menjelaskan kemuliaan manusia dalam penjelasannya. Berikut beberapa arti dari ayat-ayat yang menerangkan hal tersebut.

Allah tidak menciptakan sesuatu kecuali yang terbaik.

“Sungguh, Kami telah Menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”(At-Tin 4)

Yang Memperindah segala sesuatu yang Dia Ciptakan dan yang Memulai penciptaan manusia dari tanah,(As-Sajdah 7)

“(Itulah) ciptaan Allah yang Mencipta dengan sempurna segala sesuatu.”(An-Naml 88)

“Allah-lah yang Menjadikan bumi untukmu sebagai tempat menetap dan langit sebagai atap, dan Membentukmu lalu Memperindah rupamu.”(Ghofir 64)

“Dia Menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar, Dia Membentuk rupamu lalu Memperbagus rupamu, dan kepada-Nya tempat kembali.”(At-Taghobun 3)

“Maha Suci Allah, Pencipta yang paling baik.”(Al-Mukminun 14)

webinar umroh.com

Allah menyusun manusia dengan bentuk yang terbaik.

“Wahai manusia! Apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhan-mu Yang Maha Pengasih. Yang telah Menciptakanmu lalu Menyempurnakan kejadianmu dan Menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang, dalam bentuk apa saja yang dikehendaki, Dia Menyusun tubuhmu.”(Al-Infithor 6-8)

“Dari apakah Dia (Allah) Menciptakannya? Dari setetes mani, Dia Menciptakannya lalu menentukannya.”(Abasa 18-19)

“Dia Menciptakan segala sesuatu, lalu Menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat.”(Al-Furqon 2)

Allah membimbing manusia sampai kepada puncak kesempurnaan.

Dia (Musa) menjawab, “Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah Memberikan bentuk kejadian kepada segala sesuatu, kemudian Memberinya petunjuk.”(Thoha 50)

“Dan Kami telah Menunjukkan kepadanya dua jalan (kebajikan dan kejahatan).”(Al-Balad 10)

“Sungguh, Kami telah Menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur.”(Al-Insaan 3)

“Maka Dia Mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya,”(As-Syams 8)

Manusia dimuliakan oleh Allah diatas segalanya.

“Dan sungguh, Kami telah Memuliakan anak cucu Adam, dan Kami Angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami Beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami Lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami Ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.”(Al-Isra’ 70)

“Yang telah Mengajarkan al-Quran. Dia Menciptakan manusia, Mengajarnya pandai berbicara.”(Ar-Rahman 2-4)

“Dia Mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.”(Al-Alaq 5)

Allah ciptakan segalanya untuk manusia.

“(Dia-lah) yang Menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia-lah yang Menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia Hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu.”(Al-Baqarah 22)

“Allah-lah yang telah Menciptakan langit dan bumi dan Menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia Mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu; dan Dia telah Menundukkan kapal bagimu agar berlayar di lautan dengan Kehendak-Nya, dan Dia telah Menundukkan sungai-sungai bagimu. Dan Dia telah Menundukkan matahari dan bulan bagimu yang terus-menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan malam dan siang bagimu.”(Ibrahim 32-33)

“Dan Dia telah Memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).”(Ibrahim 34)

Kita telah melihat banyak ayat mengenai kemuliaan manusia di sisi Allah SWT. Begitu banyak ayat yang meletakkan posisi manusia diatas makhluk yang lain. Semoha hal ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk dapat senantiasa melatih diri ini agar menjadi pribadi yang baik serta disayang oleh Allah SWT. Amin.