1
News Sejarah Islam

Inilah Beberapa Fakta Tentang Masjidil Aqsa yang Patut Kamu Ketahui (Part 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Masjid Al-Aqsa merupakan salah masjid yang terletak di situs suci Yerusalem. Masjid ini memang sedang jadi sorotan dunia, terlebih setelah pasukan keamanan Israel sempat menutup masjid itu untuk pertama kalinya sejak lima puluh tahun silam. Tindakan Israel ini ditengarai oleh kematian dua polisinya akibat serangan yang dilakukan tiga pria bersenjata di situs suci pada 14 Juli 2017.

Setelah sempat menutupnya, Israel membuka lagi masjid itu dua hari kemudian namun dengan menambah kan aturan baru. Aturan itu yakni, pemasangan detektor logam dan CCTV. Aturan baru inilah yang menyebabkan terjadinya ketegangan lebih lanjut, karena Israel diduga akan mengubah status quo situs masjid suci itu. Lebih dari 900 warga Palestina terluka dalam bentrokan melawan pasukan keamanan Israel untuk memprotes aturan baru di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Sebagai umat muslim, kita rasanya juga perlu tahu beberapa fakta terkait dengan Masjid Al-Aqsa. Berikut adalah beberapa fakta yang ada terkait dengan Masjid Al-Aqsa

– Bukan Hanya Satu Masjid Saja
Namanya memang abadi sebagai Masjid Al-Aqsa. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika masjid ini sebenarnya tidak hanya berupa satu masjid saja, akan tetapi di situs itu sebenarnya ada beberapa masjid. Beberapa masjid ini terletah di beberapa area. Di bangunan sebelah selatan ada sebuah masjid yang dikenal dengan nama sebagai Masjid Qibly— dimana nama masjid ini memang diambil karena merupakan sebutan untuk suatu situs yang letaknya paling dekat dengan kiblat.

Namun, semua bangunan yang ada disana, tak terkecuali juga seperti kubah yang ada di situs itu, dianggap sebagai Masjid Al Aqsa atau terkadang juga disebut sebagai bangunan yang bernama “Haram Al-Sharif”. Beberapa masjid yang ada di situs suci itu di antaranya seperti beberapa masjid yang bernama Masjid Buraq, Masjid Marwani, dan beberapa masjid lainnya yang terletak disana.

– Diyakini sebagai Tanah Makam
Tidak ada catatan berapa banyak nabi dan  para sahabat Nabi Muhammad yang dimakamkan di bangunan tersebut. Tapi, dalam sejarahnya, Nabi Sulaiman sendiri diyakini dikuburkan di bangunan yang menjadi situs suci itu. Hal tersebut dikarenakan Nabi Sulaiman diyakini meninggal pada saat mengawasi pembangunan di situs tersebut dan diyakini juga dimakamkan disan

– Jadi Lokasi Pembantaian Umat

Ketika tentara Salib datang ke Yerusalem, mereka menemukan mayoritas penduduk muslim berada di Masjid Al-Aqsa. Tentara itu kemudian membantai sekitar 70.000 dari mereka dan kemudian mengubah kubah menjadi kapel dan masjid diubah menjadi istana. Orang-orang muslim yang selamat dari pembantaian awal kemudian disalibkan di sebuah di dekat pusat masjid.

webinar umroh.com

– Kiblat Pertama Salat Umat Islam 
Suatu fakta bahwa Masjid Al-Aqsa memang pernah menjadi kiblat pertama bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah shalat. Namun, setelah kedatangan Nabi Muhammad SAW, oleh Nabi Muhammad berdasarkan petunjuk yang ia dapat dari Allah SWT, kiblat umat muslim untuk melaksanakan ibadah shalat akhirnya pindah menghadap Kakbah, dimana bangunan ini berdiri di Masjidilharam, Makkah, Arab Saudi.