1
News

Inilah Beberapa Keutamaan Surat Ar Rahman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Keutamaan Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman, yang menjadi surat di urutan 55 dalam Al Quran, memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut:

– Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, insyaAllah Allah juga akan menyayangi setiap kelemahannya dan juga meridhai setiap nikmat yang dikaruniakan kepadanya.” Hal ini berdasarkan sebuah keterangan dari yang disampaikan sebuah Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187.

– Imam Ja’far Ash-shadiq (sa) telah berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika beliau membaca kalimat ‘Fabiayyi âlâi Rabbikumâ tukadzdzibân’, ia juga mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan), jika pada saat membaca kalimat itu pada malam hari kemudian ia meninggal, maka matinya insyaAllah seperti matinya orang yang syahid; jika membacanya di siang hari kemudian mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

– Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) juga menegaskan jika kita jangan meninggalkan untuk membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam dengan bersamanya, surat ini tidak akan menentramkan hati orang-orang munafik, namun dengan sering memca surat ini, insyaAllah kita akan menjumpai Allah bersamanya pada hari kiamat, dengan wujud kita seperti wujud manusia yang paling indah, dan baunya pun paling harum. Pada hari kiamat tidak ada seorang pun yang berdiri di hadapan Allah yang lebih dekat dengan-Nya daripadanya.

– Selain itu ada suatu sember lagi yang menjelaskan jika pada saat itu Allah berfirman padanya: Siapakah orang yang sering bangun malam bersamamu saat di dunia dan tekun membacamu. Ia menjawab: Ya Rabbi, fulan bin fulan, lalu wajah mereka menjadi putih, dan ia berkata kepada mereka: Berilah syafaat orang-orang yang mencintai kalian, kemudian mereka memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu ia berkata kepada mereka: Masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Disamping itu, ada makna yang dalam suarat Ar Rahman menjadi sebuah peringatan sendiri bagi kita, untuk senantiasa mau bersyukur dan tidak mendustakan nikmat Allah. Ayat tersebut juga yang menjadi satu-satunya ayat dalam Al Quran yang bunyinya diulang-ulang dalam satu surat yang sama, dan tidak tanggung-tanggung diulangnya sampai 31 kali. Ayat itu yang memiliki arti:

maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

webinar umroh.com

Sungguh luar biasa bukan makna dan keutamaan dari Surat Ar Rahman. Semoga kita semua termasuk untuk dikelompokkan Allah ke dalam golongan orang-orang yang ahli bersyukur. amin ya Robbal ‘aalamiin

–Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan ataupun penyampaian informasi, penulis hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa karena kebenaran semata-mata hanya milik Allah Azza wa Jalla–

— Sampaikanlah walau hanya satu ayat —