1
Motivasi Tips

Inilah Sikap yang Harus Ada Jika Ingin Bahagia (Part 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

-Selalu berbuat kebaikan

Menurut surat Al-Asr, Sebagai seorang manusia yang merupakan makhluk, kita harus menyadari bahwa sebenarnya sedang berada dalam suatu kerugian berdasarkan firman Allah SWT tersebut. Namun disana juga ditambahkan suatu hal.

Yaitu disebutkan juga “kecuali orang-orang yang beriman, ber-amal sholih, saling menasihati dalam hal kebenaran dan saling pula menasihati dalam kesabaran”

Sebuah penelitian juga pernah menunjukkan, jika kebaikan yang dikerjakan dengan setulus hati dan juga penuh dengan rasa cinta dan kasih sayang yang merupakan respon spontan dalam setiap kesempatan, akan memungkinkan seseorang mendapatkan kesuksesan sejati.

Segala kebaikan yang dikerjakan oleh seseorang akan menjelma sebagai kebaikan dasar, dimana kebaikan dasar tersebut memiliki manfaat untuk dunia.

Selain itu, efek positif untuk dunia tersebut juga cukup berguna untuk orang yang bersangkutan. Karena dengan begitu, kebaikan yang ditujukan pada ‘semesta’, orang lain, dan juga untuk lingkungan, sebenarnya merupakan suatu kebaikan yang diperuntukkan bagi dirinya sendiri.

Inilah adalah suatu formula mengenai cara hidup bahagia serta tenteram, yang dijalani oleh tokoh-tokoh hebat dunia.-

-Mengendalikan amarah

webinar umroh.com

Marah merupakan hal yang manusiawi. Perasaan atau sikap tersebut adalah suatu respon manusiawi atas suatu keadaan yang mungkin sulit untuk diterima oleh seseorang. Sehingga sangat lumrah seseorang marah.

Akan tetapi, kondisi perasaan atau sikap marah ini harus dapat dikendalikan, dikelola, dan diatur secara baik. Tujuannya agar tidak menyebabkan sifat dan karakter yang melekat pada diri seseorang.

Darisini terlihat pentingnya kemampuan diri ini untuk dapat menahan amarah. Sampai-sampai telah muncul juga sebuah istilah yang dikenal dengan sebutan anger management, yaitu cara atau metode untuk dapat mengendalikan suatu kemarahan.

Anger management merupakan suatu program psiko-terapeutik guna dapat meminimalisir sifat mudah marah yang dialami oleh seseorang.

Amarah juga mempunyai sebuah dampak negatif bagu diri seseorang atau pun bagi lingkungan sekitarnya. Efek negatif itu bisa dalam jangka pendek atauu pun dalam jangka panjang.

Kemarahan yang tidak dapat diredam atau pun dikendalikan, malah akan bisa menyabkan suatu penyesalan. Mungkin ada yang pernah mengalaminya?.

Semua perbuatan yang didasari oleh rasa amarah, sifatnya dangkal dan jauh dari pikiran akal sehat. Disamping itu, hal tersebut akan merugikan diri sendiri, keluarga, dan juga orang lain dari banyak pihak juga tak jarang ikut menderita, karena seseorang tak dapat mengontrol amarahnya.

Jadi, berdasarkan penuturan dari NHS UK (National Health Service United Kingdom) pada tanggal 2 Maret 2015, marah adalah suatu keadaan normal dari seseorang.

Meski begitu, tetap saja hal tersebut justru menjadi suatu masalah yang nyata pada saat seseorang tidak bisa mengendalikannya dan justru membiarkan liar.

Dari sini kita dapat mengerti, mengapa pentingnya suatu sikap untuk dapat menahan amarah. Bukan tidak boleh pernah marah. Marah itu manusiawi. Namun, pada saat amarah itu muncul di dalam diri kita, kita harus dapat membuatnya tetap terkontrol.

Darisini akan menyebabkan kemarahan tersebut tidak sampai membuat diri kita dan juga banyak orang lain di sekitar kita jadi sengsara.