1
Motivasi News

Inilah Kunci Bahagia Dunia Akhirat (Part 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

(untuk bagian sebelumnya, bisa dilihat di link berikut: https://www.umroh.com/blog/inilah-kunci-bahagia-dunia-akhirat-part-1/)

 

Hidup Indah dan Selamat dengan Syariah

 

Pelaksanaan dan juga penerapan syariah Islam secara kâffah, akan dapat mewujudkan dua kebaikan sekaligus: yaitu kebaikan dunia dan juga kebaikan akhirat. Kebaikan yang akan kita dapat di dunia dapat berupa kehidupan layaknya di surga, aman, tenteram, sejahtera, beradab mulia.

 

Saat syariah Allah dijalankan dengan total, dampaknya yang akan terasa adalah rahmatan lil ‘alamin, yaitu kebaikan bagi segenap makhluk. Dengan syariah, alam akan tetap dapat terpelihara dan tidak rusak, justru akan memberi banyak manfaat bagi manusia, hewan-hewan, tumbuhan.

 

webinar umroh.com

Isi perut bumi, udara dan lautan, ketika dikelola sesuai syariah, akan memberikan kecukupan, kemakmuran dan kemudahan. Dengan syariah pula umat manusia dengan beragam ras, etnis dan bangsa hidup rukun, santun, beradab dan sejahtera. Layaknya di surga, seisi bumi merasakan kebaikan.

 

Pelaksanaan kehidupan dunia yang ditata oleh aturan yang berasal dari syariah Islam akan melahirkan suatu individu, masyarakat, umat, pemimpin dan bangsa yang bertakwa. Mereka menjadi hamba Allah yang patuh, tunduk, rela diatur hukum-Nya dan memberi kemanfaatan bagi sesama.

 

Hamba-hamba seperti itu juga berhak memperolah kebaikan di akhirat, yaitu dengan berhak masuk dan tinggal di jannah khairul ma’wa (surga sebagai tempat kembali terbaik). Kesungguhan mereka menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, mengorbankan waktu, harta dan jiwa demi pelaksanaan syariah Allah ini, pasti Allah balas dengan surga-Nya. Allah SWT berfirman:

 

جَنَّٰتُ عَدۡنٖ يَدۡخُلُونَهَا تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُۖ لَهُمۡ فِيهَا مَا يَشَآءُونَۚ كَذَٰلِكَ يَجۡزِي ٱللَّهُ ٱلۡمُتَّقِينَ ٣١
(Itulah) surga-surga ‘Adn yang mereka masuki, mengalir di bawahnya sungai-sungai. Di dalam surga itu mereka mendapat segala yang diinginkan. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang yang bertakwa (QS an-Nahl [16]: 31).

 

Banyak juga ayat lainnya yang isinya menjelaskan bagaimana kenikmatan surga dan kebahagiaan para penghuninya di berbagai surat. Tentu dengan syarat bahwa yang bisa meraih kebaikan akhirat itu adalah yang telah menjalankan syariah Islam secara kâffah dalam setiap aktivitasnya.

 

Perlu kita ketahui juga, jika Syariah Islam didominasi oleh hukum-hukum yang isinya mengatur segala urusan yang berkenaan dengan kemaslahatan umat manusia (politik), yakni bagaimana sistem pemerintahan menyelenggarakan berbagai layanan untuk tegaknya syariah Allah, baik di dalam perkara keimanan dan juga perkara amalan. Tentang perkara keimanan, negara diwajibkan untuk dapat menjaga akidah umat dari berbagai ideologi kufur, dari pendangkalan dan penyesatan akidah.

 

Negara juga akan mengawasi munculnya warga yang melakukan tindakan-tindakan yang nyata-nyata menyimpang dan juga melenceng dari aturan syariat Islam, serta mencegah masuknya semua nilai-nilai sekular dan liberal yang bersifat batil, dan juga ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Islam seperti kapitalisme dengan segenap nilainya. Sebab, nilai-nilai kufur dan sesat itu akan sangat mengganggu kehidupan bermasyarkakat, serta berbahaya karena dapat menjerumuskan seseorang ke dalam jurang kesesatan dan membuat masyarakat melakukan penyimpangan.

(bersambung ke part 3)