1
Muslim Lifestyle

Inilah Macam Aqidah yang Perlu Kita Pahami

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Seorang muslim tanpa aqidah yang benar akan menjadi manusia yang mudah terombang-ambing. Ia tidak memiliki pegangan kuat, sehingga mudah tergelincir pada kesesatan atau kemaksiatan. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai berbagai macam aqidah. Sehingga kita tahu perbuatan mana saja yang masih sesuai aqidah, dan mana yang tidak.

Baca juga: Baca Baik-baik! Ini Pengertian Aqidah dan Contohnya

Macam Aqidah dari Kebenarannya

1. Aqidah yang Benar

Umroh.com merangkum, pemeluk agama lain boleh jadi memiliki aqidah yang berbeda, namun seorang mukmin harus meyakini (dan memang adanya) kebenaran aqidah adalah Islam. Islam bersumber dari Allah SWT, sehingga tidak ada lagi celah perdebatan. Aqidah yang dibawa oleh para utusan Allah (Nabi dan Rasul) adalah sama dari masa ke masa.

2. Aqidah yang Bathil

Macam aqidah ini merupakan keyakinan atau aqidah yang bertentangan dengan wahyu. Biasanya, aqidah seperti ini hanya berasal dari akal manusia. Ada juga yang bermula dari wahyu, namun kemudian diubah sehingga melenceng dari aqidah yang benar.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Contohnya aqidah yang diyakini orang Yahudi saat ini, bahwa Uzair merupakan anak Allah. Atau aqidah yang diyakini umat Nasrani saat ini, bahwa Al Masih adalah anak Allah. Ada juga aqidah orang yang mengaku muslim, namun mengatakan bahwa Allah menyesal setelah berkehendak (aqidah penganut Syiah).

Aqidah Islamiyyah adalah Aqidah yang Benar

Aqidah paling benar adalah aqidah Islamiyyah yang dianut tiga generasi awal kemuliaan. Generasi Sahabat, Tabi’in, dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik. Aqidah Islamiyyah diajarkan oleh Rasulullah pada generasi Sahabat, kemudian diteruskan ke generasi Tabi’in, dan selanjutnya.

Para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah menjelaskan bahwa ada kata lain yang biasa digunakan untuk menyebut aqidah Islamiyyah. Yaitu At Tauhid, As Sunnah, Usluhuddin, Al Fiqbul Akbar, Al Iman, dan Asy Syari’iah.

Macam Aqidah Menurut Tauhidnya

Aqidah yang benar berarti meyakini Allah SWT, malaikat-malaikatNya, rasulNya, kitabNya, hari akhir, dan qada & qadar. Di dalam aqidah, ada tauhid, yaitu keyakinan bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Esa. Ada tiga macam aqidah tauhid, yaitu :

webinar umroh.com

1. Aqidah Tauhid Rububiyah

Macam aqidah yang pertama adalah aqidah tauhid rububiyah, yang berarti keyakinan bahwa satu-satunya Dzat yang menciptakan alam semesta adalah Allah SWT. Tauhid rububiyah telah Allah sampaikan di dalam Al Quran, salah satunya di surat Maryam.

Allah berfirman, “Rabb (yang menguasai) langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadah kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?” (QS.Maryam: 65).

Selain mengakui bahwa Allah yang mencipta alam semesta, tauhid rububiyah juga mencakup keyakinan bahwa hanya Allah juga yang mengatur kelangsungan hidup makhluk ciptaanNya. Misalnya mereka yang beriman dan memiliki aqidah yang baik seharusnya memahami bahwa hanya Allah yang bisa memberi dan mengatur rezeki hamba-hambaNya, bukan yang lain.

Di surat Ar Rahman, Allah berfirman yang artinya, “Semua yang ada di langit di bumi selalu meminta kepada-Nya, setiap hari Dia (memenuhi) semua kebutuhan (makhluk-Nya)”. (QS.Ar Rahman: 29).

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga lancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

2. Aqidah Tauhid Uluhiyah

Tauhid uluhiyah mencakup keyakinan bahwa hanya Allah yang berhak disembah, diibadahi, dan dipatuhi. Macam aqidah ini menjelaskan bahwa semua ibadah yang dilakukan manusia hendaknya hanya untuk Allah SWT.

Allah berfirman di banyak ayat di Al Quran bahwa hanya Dia-lah yang berhak disembah. Salah satunya di surat Ali Imran ayat 18. Allah berfirman, “Allah menyatakan bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan demikian). Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain-Nya, Yang Maha Perkasa lagi Mahabijak-sana”.

Seseorang yang memiliki aqidah yang baik juga hendaknya memiliki macam aqidah ini. Dalam pelaksanaannya, aqidah uluhiyah tampak ketika seseorang mengerjakan segala hal hanya untuk Allah. Mulai dari ibadah ritualnya, hingga aktivitas yang dilakukannya.

3. Aqidah Tauhid Asma Was Sifat

Aqidah ini mencakup keyakinan terhadap sifat-sifat dan nama-nama Allah, atau yang biasa disebut Asmaul Husna. Allah adalah Dzat yang memiliki nama-nama mulia yang menggambarkan sifat-Nya. Kita dianjurkan untuk menyebut nama Allah sesuai dengan sifat yang kita perlukan saat berdoa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Allah berfirman, “Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan” (QS.Al A’raf: 180).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.