play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Motivasi

Inilah Manfaat Menjadi Orang yang Sabar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Al Quran, sebagai kitab suci yang Allah turunkan, banyak menyampaikan pesan tentang kesabaran. Misalnya dalam kisah para nabi Allah. Kita banyak memetik pelajaran tentang pentingnya sabar. Seperti kesabaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam menghadapi kaum kafir yang mengancam dakwahnya. Kemudian kesabaran Nabi Yusuf, Nabi Zakaria, dan sebagainya.

Para ulama menjelaskan, sabar adalah keteguhan seorang hamba dalam menjalankan ketaatan kepada Allah dan menahan diri dari perbuatan maksiat, serta menjaga diri dari perasaan dan sikap yang menunjukkan kemarahan saat menghadapi takdir yang Allah tetapkan. Sementara itu, Ibnu Qayyim mengungkapkan bahwa sabar dalam iman ibarat kepala pada tubuh manusia. Jika kepala (sabar) itu sudah tidak ada, maka tidak ada lagi kehidupan dalam tubuh manusia itu.

Merupakan sumber kebahagiaan, sikap sabar yang selalu dipelihara akan mendatangkan manfaat dalam kehidupan seseorang. Berikut adalah manfaat sabar bagi mereka yang selalu menjaga sikap tersebut.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Sabar dalam Pandangan Islam

Manfaat Sabar

1. Allah Selalu Bersamanya

Saat menghadapi masalah, apa yang kita rasakan jika ada seseorang yang memiliki jabatan atau kekuatan di samping kita? Kehadiran orang itu tentunya bisa membuat kita tenang karena kita yakin ia akan membantu dalam menghadapi masalah.

Lalu, bagaimana jika Allah yang bersama kita dalam menghadapi masalah? Sedangkan kita tahu Allah adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Seharusnya kita merasa lebih tenang jika Allah bersama kita. Karena jika Allah bersama kita, sangat mudah bagi-Nya untuk memberi jalan keluar bagi masalah yang kita hadapi.

Cara agar Allah selalu bersama kita adalah dengan mengedepankan sikap sabar. Allah berfirman dalam Al Quran yang artinya, “Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar“ (QS.Al Anfal: 46). Ayat tersebut menunjukkan kesungguhan dan janji Allah untuk selalu bersama manusia yang selalu bersabar.

2. Mendapatkan Cinta Allah

Umroh.com mearangkum, manusia yang mencintai seseorang bisa memberikan segala yang dimilikinya. Lalu bagaimana jika Allah sudah mencintai hamba-Nya?

Cinta Allah akan turun bagi mereka yang selalu bersabar. Sebagaimana Allah mencintai para Nabi utusan-Nya yang selalu bersabar dan bertakwa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Allah berfirman, “Dan betapa banyak Nabi yang telah berperang bersamanya sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah dan tidak lesu dan tidak pula menyerah (kepada musuh). Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS.Ali Imran: 146).

3. Memudahkan Setiap Perkara

Sabar yang dimiliki oleh seseorang akan membuatnya semakin mudah menghadapi persoalan hidup. Terlebih jika orang tersebut beriman kepada Allah dan menyandarkan kesabarannya pada Allah.

Seorang mukmin yang sabar tampak dari sikapnya dalam menghadapi persoalan hidup. Jika mendapat kebaikan, ia bersyukur. Sedangkan jika mendapat kesulitan ia tidak mengeluh, melainkan bersabar.

Rasulullah bersabda, “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin. Semua perkara (yang menimpanya) adalah kebaikan baginya dan tidaklah hal ini terjadi kecuali hanya pada diri seorang mukmin. Jika dia mendapat kebahagiaan dia bersyukur maka hal ini adalah baik baginya. Dan jika tertimpa musibah dia bersabar maka itu juga baik baginya.” (HR.Muslim).

Allah juga memerintahkan hamba-Nya untuk bersabar ketika menghadapi masalah. Allah berfirman, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk” (QS.Al Baqarah: 45).

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Mendapat Limpahan Pahala

Manfaat sabar selanjutnya adalah pahala yang melimpah. Atas kesabaran hamba-Nya, Allah tidak hanya memberi pertolongan, namun juga pahala tanpa batas.

Allah berfirman, “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS.Az Zumar: 10).

“Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.An Nahl: 96)

5. Mendapat Kabar Gembira dan Petunjuk

Siapa yang tidak ingin mendapat kabar gembira dan petunjuk dari Allah? Keduanya merupakan manfaat yang akan diperoleh orang yang sabar. Allah telah berjanji dalam Surat Al Baqarah. “Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.”(QS.Al Baqarah: 155).

 “Mereka (orang-orang yang sabar) itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk.” (QS.Al Baqarah: 157).

6. Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Selain manfaat sabar yang dijelaskan dalam Al Quran, ternyata para ilmuwan juga mengungkapkan manfaat sabar bagi kesehatan manusia. Dirilis dalam Journal of American Medical Association, orang yang memiliki kesabaran tinggi memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena hipertensi dan penyakit jantung. Orang yang tidak sabaran atau memiliki emosi tinggi cenderung mengalami peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Selain itu, sikap sabar juga membuat seseorang lebih tahan terhadap stres. Stres yang kita alami sering menjadi pemicu bagi segala jenis penyakit. Pernyataan para ilmuwan tersebut merupakan hikmah yang akan diperoleh bagi orang yang selalu sabar.

Facebook Comments

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.