1
Kesehatan

Inilah Penyebab Bau Badan Seseorang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap orang memiliki aroma tubuh yang berbeda. Akan tetapi, pada beberapa orang, aroma tubuh bisa mengganggu. Inilah yang kemudian disebabkan bau badan.

Bau Badan Disebabkan oleh Bakteri pada Kulit

Keringat manusia sebenarnya tidak memiliki aroma. Pertumbuhan bakteri yang cepat saat tubuh berkeringat, serta peran bakteri dalam memecah keringat menjadi asam, akan menimbulkan aroma tidak sedap.

Bau badan bisa saja memiliki aroma yang tidak mengganggu, lho. Biasanya, aroma ini sangat khas pada setiap orang. Terkadang, aroma ini yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang.

Erat Kaitannya dengan Kelenjar Apokrin

Bau badan biasanya berhubungan dengan kelenjar apokrin. Kelenjar ini menjadi penyebab bau badan karena memproduksi keringat dalam jumlah banyak. Kelenjar ini ditemukan di sekitar dada, ketiak, area kelamin, lipatan mata, dan telinga. Selain itu, keringat yang dihasilkan juga umumnya tinggi protein, sehingga bisa dipecah dengan mudah oleh bakteri.

Penyebab Bau Badan Beragam

Ada beragam penyebab bau badan. Aroma yang keluar dari tubuh umumnya disebabkan oleh asupan makanan, jenis kelamin, kesehatan, dan pengobatan yang tengah dijalani. Lebih lanjut, penyebab bau badan ada pada 5 faktor ini.

webinar umroh.com
  1. Asam Propionat dan Asam Isovalerik

Asam propionat adalah senyawa yang dihasilkan setelah bakteri memecah keringat. Asam propionat disebabkan oleh propionibacteria. Sementara asam isovalerik adalah asam yang dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermis. Asam ini menyebabkan tubuh memiliki aroma asam seperti keju.

  1. Makanan yang Dikonsumsi

Bau badan sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi. Bau badan akan semakin mengganggu jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang, daging, kopi, dan makanan berlemak. Kurang asupan zinc dan magnesium juga membuat bau badan kita menjadi tidak sedap.

  1. Pikiran yang Stress

Kondisi pikiran seseorang juga akan menyebabkan timbulnya bau badan. Mereka yang stress cenderung akan memiliki aroma tubuh yang tidak sedap. Penyebabnya adalah keringat yang semakin banyak diproduksi kelenjar apokrin ketika kita stress.

  1. Hormon

Perubahan hormon menjadi penyebab bau badan. Kondisi ini sering ditemui pada seseorang yang memasuki masa pubertas. Perubahan hormon androgen dalam tubuh mereka yang menginjak remaja akan menyebabkan aroma tubuh menjadi tidak sedap.

  1. Kebersihan Badan

Bau badan juga sangat erat kaitannya dengan kebersihan badan. Jika kita kurang menjaga kebersihan tubuh, maka resiko timbulnya bau badan akan semakin besar. Mandi secara teratur menjadi cara agar kita terhindar dari bau badan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.