1
Muslim Lifestyle

Inspirasi 5 Nasihat Luqman kepada Sang Anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Luqman adalah nama salah satu surat di Al Quran. Luqman atau Luqman Al Hakim sendiri menjadi perdebatan dari para ulama tentang siapa sosok sebenarnya. Akan tetapi, mayoritas ulama sepakat bahwa Luqman adalah hamba Allah yang sholeh, namun tidak memperoleh gelar kenabian. Walaupun tidak memiliki gelar kenabian, sosok Luqman begitu istimewa hingga Allah SWT menjadikan namanya sebagai salah satu nama surat di Al Quran.

`Salah satu isi surat Luqman adalah bercerita tentang nasihatnya kepada anaknya. Nasihat tersebut sangat indah dan bisa menjadi inspirasi bagi kita dalam mendidik putra dan putri. Berikut adalah nasihat Luqman pada anaknya.

Jangan Mempersekutukan Allah

Dalam ayat 13, terdapat nasihat Luqman pada anaknya agar tidak mempersekutukan Allah. Menyembah selain Allah adalah sebuah kezaliman yang besar.

Ajari anak kita untuk mengenal Allah. Setelah itu, ajarkan kepada mereka agar jangan sekali-kali menyembah kepada selain Allah. Ketika mereka telah benar-benar mengenal Allah, mereka akan lebih mudah untuk diajari agar tidak mempersekutukan Allah.

Selalu Berbakti Kepada Orang Tua

            Berbakti kepada orang tua adalah salah satu amal sholeh yang sangat dicintai Allah SWT. Orang tua adalah sosok yang sangat berjasa bagi kehidupan kita. Berkat mereka, kita bisa lahir ke dunia dan tumbuh dengan baik. Ajarkan hal tersebut kepada anak. Ingatkan kepada anak agar selalu bersikap baik dan hormat kepada orang tua. Jangan segan untuk menegur dan meluruskan saat ada sikap mereka yang kurang menyenangkan bagi kita sebagai orang tua.

Nasihat tersebut sama dengan yang disampaikan Luqman di ayat 14. Luqman berkata pada anaknya bahwa Allah memerintah manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya. Ibu telah berjasa mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, ditambah lagi menyusui hingga anak berusia dua tahun. Atas kehadiran orang tua, kita diminta untuk selalu bersyukur kepada Allah dan kepada kedua orang tua. Selalu taati kedua orang tua selama perintah dan nasihatnya tidak bertentangan dengan hukum Allah. Kita juga harus selalu ingat bahwa Allah adalah tempat kita kelak kembali.

webinar umroh.com

Selalu Optimis dalam Bekerja

            Luqman mengingatkan anaknya agar selalu berbuat baik, walaupun hanya sebesar biji sawi. Kebaikan sekecil apapun dan di manapun, akan slelau mendapat balasan kebaikan dari Allah SWT.

Ajari anak agar selalu berbuat baik karena Allah SWT semata. Ingatkan pada mereka bahwa Allah Maha Melihat, serta Maha Lembut dan Maha Teliti. Jika kita berbuat baik karena Allah, Allah akan membalas setiap kebaikan yang kita lakukan.

Laksanakan Sholat

Shalat adalah tiang agama. Jika sholat kita baik, maka keseluruhan kehidupan kita akan baik. Sholat juga merupakan sarana bagi manusia untuk memohon pertolongan pada Allah dari ujian yang kita alami.

Sebagaimana Luqman yang berpesan agar selalu melaksanakan sholat, disertai dengan ajakan kepada orang lain untuk berbuat kebaikan dan menghindari kemungkaran. Selain itu, saat ditimpa sesuatu, Luqman berpesan agar selalu bersabar dalam menghadapinya. Hal tersebut merupakan perkara yang penting dalam menjalani kehidupan di dunia.

Jangan Sombong

            Di surat Luqman juga tertera nasihat agar kita tidak bersikap sombong, membanggakan diri dan angkuh. Sifat tersebut adalah sifat yang sangat tidak disukai oleh Allah. Manusia juga diperintah agar selalu sederhana dalam berjalan dan lembut dalam bertutur kata.

Ingatkan selalu ketiga hal tersebut kepada anak-anak kita. Ingatkan mereka bahwa segala keistimewan yang mereka miliki berasal dari Allah, karena itu tidak sepantasnya kita bersikap sombong. Ajari juga mereka agar selalu berbicara dengan lembut dan rendah hati.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.