1
Muslim Lifestyle News Tips

Islam Sejatinya Adalah Fitrah Manusia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pada dasarnya fitrah manusia itu cenderung bersyariat Islam, sebagaimana yang Allah firmankan.

“Hadapkanlah wajahmu dengan lurus pada agama (Allah), (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah tersebut. Tidak ada perubahan atas fitrah Allah tersebut. (Itulah) agama yang lurus, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. (Q.S. ar-Rum: 30).

Rasulullah bersabda “Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah lalu kedua orang tuanyalah yg menjadikannya sebagai seorang yahudi, nasrani & majusi (penyembah api). Apabila kedua orang tuanya muslim, maka anaknya pun akan menjadi muslim. Setiap bayi yg dilahirkan dipukul oleh syetan pada kedua pinggangnya, kecuali Maryam & anaknya (Isa)”. [HR. Muslim No.4807].

Banyak ayat-ayat dan hadits-hadits yang menyatakan bahwa secara fitrahnya manusia dilahirkan untuk bersyariat Islam. Sudah sewajarnyalah bila dikatakan agama Islam merupakan agama fitrah. sangatlah tidak relevan dan bahkan keliru bila ada yang menuduh bahwa syariat Islam tidak sesuai dengan fitrah manusia dan melanggar HAM serta tidak sesuai untuk zaman Milenial ini.

Bertolak dari paparan tersebut, perilaku orang yang menolak Islam benar-benar sangat keterlaluan. Diakui bahwa salah satu komponen terpenting manusia selain jasad dan akalnya adalah qalbu.

Perilaku manusia bergantung pada qalbu-nya. Dengan qalbu-nya manusia dapat mengetahui sesuatu (di luar nalar) berkecenderungan kepada yang benar dan bukan yang salah (termasuk memiliki kebijaksanaan, kesabaran), dan memiliki kekuatan mempengaruhi benda dan peristiwa di sekitarnya.

Oleh karena itu , kita harus melakukan perubahan, membangun kembali peradaban yang sesuai dengan nilai-nilai islam. Bagaimana caranya? Satu-satunya cara adalah melalui pendidikan ruhiyah, pendidikan akal, pendidikan jiwa , maupun pendidikan jasmani. Keempat pendidikan tersebut tidak lain adalah membimbing dan menyiapkan buah hati kita tidak hanya untuk kehidupan dunianya, tetapi juga untuk akhiratnya tersebut.

Namun ,penerapan pendidikan tersebut tidaklah mudah. Menurut Yusuf Qardhawi, pendidikan memiliki tahapan yang panjang, butuh waktu lama, penuh dengan kesulitan, dan menuntut kerja estafet antargenerasi.

webinar umroh.com

Generasi yang akan datang harus menyempurnakan apa yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya sampai Allah mengizinkan umat ini kembali Berjaya. Akan tetapi, pendidikan dengan segala kesulitan itu tetap saja menjadi satu-satunya jalan untuk mengubah masyarakat.

Nah, agar manusia tidak sampai menyimpang dari fitrahnya, perlu ditanamkan sebuah pemahaman akan fitrah tersebut sedari kecil. Dan untuk para orang tua, supaya lebih mudah , kita harus mendidik buah hati sejak dini , semakin kecil usia buah hati kita , semakin dekat ia dengan fitrahnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Syariat Islam sangat dibutuhkan dan relevan dengan fitrah manusia. Agama Islam disebut agama fitrah. Syariat Islam diturunkan oleh Allah sebagai rahmatan lill’alamin yang bertujuan untuk mendatangkan kemaslahatan bagi kehidupan manusia. Islam sangat menjunjung HAM dan melindunginya, selama tidak melanggar hak Allah (hak publik).