1
Tips Travel

Jadi Traveler Sejati dengan Mempelajari Budaya Setempat. Ini Caranya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada banyak tujuan orang melakukan travelling. Mulai dari menghilangkan penat, hingga melihat kebudayaan baru yang bisa membuka wawasan. Bagi kamu yang suka traveling untuk mempelajari budaya masyarakat sekitar, ada trik-trik tersendiri yang harus kita lakukan.

Carilah Informasi Terlebih Dahulu

Sebelum berangkat ke tempat tujuan, ada baiknya kita mencari informasi tentang budaya di lokasi yang akan kita datangi. Semakin banyak informasi yang didapatkan, semakin bagus karena akan semakin banyak yang bisa kita ketahui.

Mengetahui budaya setempat bukan hanya akan memudahkan kita mempersiapkan diri sebelum datang ke tempat yang baru. Dengan mengetahui kebudayaan di tempat yang akan kita datangi. kita jadi lebih menghayati perjalanan saat traveling. Jadi begitu sampai di tempat tujuan, kita jadi tahu latar belakang di balik hal-hal yang kita temui di sana.

Belajarlah Bahasa Setempat

Mempelajari bahasa setempat bisa sangat membantu kita saat berada di tempat yang asing. Bukan tidak mungkin kita akan berkomunikasi dengan mereka.

Jika kita berkomunikasi menggunakan bahasa setempat, warga lokal jadi lebih mudah memahami apa maksud dan tujuan yang kita sampaikan. Selain itu, kedekatan dan hubungan akan terbangun, sehingga mereka akan lebih menghargai kita. Warga setempat tentu akan lebih respek kepada orang baru yang mau mempelajari bahasa mereka.

Cobalah kuasai beberapa kata yang akan memudahkan kita saat berkomunikasi dengan orang-orang lokal. Misalnya bahasa untuk menanyakan arah, bahasa untuk mengucakan “terima kasih” dan meminta “tolong”, atau bahasa yang menunjukkan pujian. Walaupun kamu melakukan travelling di dalam negeri, kemampuan berbahasa daerah setempat juga sangat penting, agar orang-orang lokal jadi lebih mudah kita dekati.

Menyesuaikan Diri dengan Budaya Setempat

Saat mencari-cari informasi tentang budaya dari lokasi yang akan kita datangi, tentunya ada beberapa budaya yang berbeda dan harus diperhatikan. Misalnya cara berpakaian, cara bertutur kata dengan orang yang lebih tua, atau cara saat bertamu ke rumah warga setempat.

Sangat disarankan untuk menyesuaikan budaya saat mendatangi tempat yang akan kita kunjungi. Dengan begitu, kita akan lebih mudah berbaur dengan masyarakat lokal, sehingga kita bisa dengan mudah mempelajari kebudayaan mereka.

webinar umroh.com

Menginap di Hotel Sederhana

Saat berkunjung ke tempat yang baru, dan kita ingin mempelajari budaya setempat, lebih baik pilih tempat menginap yang sederhana. Biasanya tempat-tempat yang sederhana akan lebih dekat dengan masyarakat setempat, dibanding hotel-hotel mewah.

Kita bisa memilih hotel-hotel kecil, yang di sekitarnya masih terdapat banyak rumah warga, warung-warung yang dibuka oleh warga setempat, atau masjid yang biasa digunakan oleh warga setempat untuk beribadah. Jadi saat ada waktu luang, kita bisa mampir ke tempat-tempat tersebut, mengamati kondisi sekitar, dan berbincang dengan warga yang ada di sana.

Menjelajah ke Tempat-Tempat Tersembunyi

Setiap daerah pasti memiliki tempat-tempat wisata yang ikonik dan banyak didatangi oleh wisatawan. Namun jika kita ingin mempelajari kebudayaan setempat, lebih baik datangi tempat-tempat terpencil yang mungkin tidak banyak direkomendasikan. Kita bisa bertanya kepada warga lokal tentang tempat-tempat yang ‘tidak biasa’, atau tempat yang digunakan warga lokal untuk menghabiskan waktu. Di sana, kita bisa menghabiskan waktu dengan mengobrol dengan warga lokal, serta mengamati perilaku dan cara hidup orang yang ada di sana.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.