1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Jadilah Orang yang Selalu Bersyukur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagai seorang hamba, memang sudah diwajibkan kepada kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Namun, hal ini pada prakteknya memang tidak selalu mudah untuk diterapkan. Tak jarang juga mungkin kita temui dan melihat seorang hamba yang meski sudah banyak diberi nikmat oleh Allah, namun masih saja ia berpikir bahwa nikmat tersebut sedikit dan selalu merasa kurang.

Sehingga kita harus menyadari, bahwa sebaik-baiknya hamba adalah dia yang selalu bersyukur. Tak peduli apakah nikmat yang diberikan kepadanya sedikit atau pun banyak. Akan tetapi, yang sangat miris jika seorang hamba tak mensyukuri nikmat yang telah diberikan kepadanya meski jumlahnya sudah banyak, apalagi yang baru sedikit.

Salah satu kiat untuk bersyukur adalah tak pernah berhenti berkaca pada kondisi orang-orang yang tidak seberuntung kita. Contohnya saja apabila tubuh kita normal dan kita mau menengok saudara kita yang cacat, hal itu dapat membuat kita akan merasa jika Allah masih memberi kita nikmat yang banyak. Mudah-mudahan saja ke depannya kita tidak lagi menjadi hamba yang lalai. Dan kita pun senantiasa menjadi hamba-Nya yang bersyukur.

Allah SWT berfirman:

وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ

“Sangat sedikit sekali di antara hamba-Ku yang mau bersyukur.” (QS. Saba’: 13).

Ibnu Katsir berkata:

إخبار عن الواقع

webinar umroh.com

“Yang dikabarkan ini sesuai kenyataan.” Artinya, sedikit sekali yang mau bersyukur.

Syaikh As Sa’di berkata:

فأكثرهم، لم يشكروا اللّه تعالى على ما أولاهم من نعمه، ودفع عنهم من النقم.

“Banyak sekali memang yang tidak mau bersyukur pada Allah Ta’ala atas nikmat harta yang diberi dan juga atas nikmat dihilangkan dari musibah.”

Syaikh Abu Bakr Al Jazairi berkata,

هذا إخبار بواقع وصدق الله العظيم الشاكرون لله على نعمه قليل وفي كل زمان ومكان وذلك لإِستيلاء الغفلة على القلوب من جهة ولجهل الناس بربهم وإنعامه من جهة أخرى

“Ini adalah pengkhabaran yang sesuai kenyataan. Sungguh Maha Benar Allah. Sungguh yang benar-benar mensyukuri nikmat Allah amatlah sedikit di setiap waktu dan tempat. Kebanyakan berada dalam hati yang lalai, di sisi lain karena begitu jahil terhadap Rabbnya.”

Selain itu, ada tips yang tak kalah penting untuk melatih dan membuat diri kita senantiasa bersyukur. Jangan pernah untuk selalu berdoa agar Allah menjadikan kita hamba-Nya yang pandai bersyulur.

Az Zamakhsyari dalam kitab tafsirnya menjelaskan:

وعن عمر رضي الله عنه أنه سمع رجلاً يقول : اللَّهم اجعلني من القليل ، فقال عمر ما هذا الدعاء؟ فقال الرجل : إني سمعت الله يقول : { وَقَلِيلٌ مّنْ عِبَادِىَ الشكور } فأنا أدعوه أن يجعلني من ذلك القليل ، فقال عمر : كل الناس أعلم من عمر

Dari ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar seseorang memanjatkan do’a, ‘Ya Allah jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang sedikit’.” ‘Umar terheran dan berkata, “Do’a apa ini?” Orang tersebut menjawab, “Aku pernah mendengar firman Allah (yang artinya): Sedikit di antara hamba-Ku yang mau bersyukur. Aku pun berdo’a pada Allah agar aku termasuk yang sedikit.” ‘Umar pun berkata, “Ternyata setiap orang lebih tahu dari ‘Umar.”

Semoga saja kita semua dapat melatih diri kita untuk menjadi hamba-Nya yang bersyukur, sehingga Allah pun senantiasa berkenan untuk terus menambah nikmat-Nya kepada kita. Aamin.