1
Kesehatan

Jalan Kaki Olahraga yang Mudah, Namun Perhatikan 5 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Para ahli kesehatan menyarankan agar kita menyisihkan waktu untuk berolahraga setiap hari. Salah satu olahraga sederhana yang bisa kita lakukan adalah berjalan kaki. Berjalan kaki bisa dilakukan oleh siapa saja, dan kapan saja.  Walaupun mudah dan murah, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan. Di bawah ini adalah hal yang harus diperhatikan bagi kamu yang ingin melakukan olahraga berjalan.

Perhatikan Pakaian

Saat berolahraga jalan kaki, baju yang dikenakan harus yang bisa menyerap keringat. Walaupun nyaman dan bisa menyerap keringat, pakaian juga harus cukup mampu melindungi kita dari kondisi di luar tubuh.

Pastikan kita memakai alas kaki yang nyaman digunakan saat berjalan. Jika perlu, kita bisa menggunakan kacamata hitam jika terik matahari mengganggu. Lengkapi dengan topi dan suncream untuk mencegah kulit menjadi terbakar.

Perhatikan Suhu di Luar Ruangan

Hindari berolahraga dan berjalan kaki saat suhu luar ruangan sedang dingin. Berolahraga intensif dalam suhu yang dingin justru bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Namun melakukan olahraga ringan, seperti berjalan selama satu jam sehari, bisa membantu mengontrol tekanan darah dan diabetes.

Perhatikan Makanan

Saat melakukan olahraga jalan, perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sangat disarankan mengkonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna satu jam sebelum berjalan. Ini akan membantu kita tetap segar saat berjalan. Ketika selesai dan perut terasa kosong, makanan yang pertama kali dikonsumsi sebaiknya adalah buah.

Minum air secara teratur saat melakukan olahraga jalan. Disarankan kita meneguk sedikit air setiap 10 menit, tanpa harus menunggu hingga terasa haus. Ini untuk mencegah kita tetap menikmati perjalanan saat berjalan kaki, dan mencegah rasa pusing.

Perhatikan Batas Tubuh

Jangan melakukan olahraga apapun hingga melewati limit yang dimiliki oleh tubuh kita. Olahraga yang berlebihan akan meningkatkan resiko cedera, yang justru akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Bagi seseorang yang sehat, yang tidak memiliki masalah dengan jantung, kesehatan tulang, atau masalah penglihatan, dianjurkan berjalan sebanyak 6 kilometer dalam satu jam. Dalam kondisi tersebut, sistem kardiovaskular akan berusaha beradaptasi dengan ritme tersebut, sehingga akan membuat tubuh mencapai level baru (lebih bugar).

webinar umroh.com

Perhatikan Waktu yang Tepat

Setiap orang sebenarnya memiliki waktu olahraga masing-masing. Ada waktu-waktu dalam sehari di mana tubuh terasa lebih bugar, sehingga lebih nyaman melakukan olahraga pada waktu tersebut. Waktu ini bisa berbeda pada masing-masing orang.

Sebenarnya bila ingin melakukan olahraga jalan, pagi bukanlah waktu yang disarankan. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi akan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi karena bangkitnya hormon-hormon di jam-jam pertama di pagi hari. Kondisi tersebut ditandai dengan rasa pusing. Karenanya, waktu yang disarankan untuk berjalan kaki bagi penderita tekanan darah tinggi adalah sore atau siang hari.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.