1
Motivasi

Jangan Khawatir, Ada 8 Jalan Rezeki Untukmu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagai hamba yang hidup di dunia, rasa cemas dan khawatir adalah hal yang wajar. Salah satu kecemasan yang kita rasakan disebabkan karena rezeki. Kita khawatir tidak akan mendapat rezeki, atau kekurangan rezeki untuk memenuhi kebutuhan.

Kecemasan tersebut seharusnya tidak boleh kita rasakan karena Allah telah menjamin rezeki bagi kita. Allah adalah Dzat yang Yang Maha Memberi Rezeki kepada hamba-hambaNya. Asalkan kita percaya dan yakin kepada Allah, Allah akan menunjukkan bahwa Ia memiliki banyak jalan rezeki. Ada 8 Jalan rezeki yang Allah berikan untuk hambaNya.

Rezeki yang Telah Dijamin

Dengan kasih sayangNya, Allah telah memberikan jaminan rezeki kepada setiap makhluk yang diciptakanNya. Hal tersebut ada dalam Al Qur’an surat Hud ayat 6. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman yang artinya, “Dan tidak ada satu makhluk bergerak di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rizkinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)”.

Karena itu, manusia seharusnya tidak perlu khawatir dengan rezeki karena telah ada rezeki yang Allah jaminkan untuk kita.

Rezeki dari Usaha

Seseorang yang telah berusaha dan memeras keringatnya akan Allah berikan rezeki sesuai dengan apa yang diusahakannya. Allah juga telah berfirman dalam surat An Najm ayat 39 yang artinya, “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya”.

Ayat tersebut seharusnya menjadi motivasi bahwa usaha yang kita lakukan tidak akan sia-sia. Allah melihatnya dan akan mengganjar sesuai dengan usaha yang telah kita lakukan.

webinar umroh.com

Rezeki Setelah Bersyukur

Seseorang yang bersyukur akan Allah tambahkan rezeki untuknya. Hal tersebut sesuai dengan janji yang Allah sampaikan di Al Qur’an, di surat Ibrahim ayat 7. Dalam ayat tersebut Allah berfirman, “Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka pasti azabKu sangat pedih.”

Salah satu cara mudah mendapatkan rezeki adalah bersyukur. Dengan bersyukur, hati menjadi lebih lapang dan rezeki akan Allah tambahkan.

Rezeki yang Tidak Disangka-Sangka

Allah memiliki banyak jalan untuk memberi rezeki kepada hambaNya. Jalan-jalan rezeki tersebut akan Allah berikan kepada hamba yang senantiasa bertaqwa pada Allah. Taqwa berarti melakukan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi laranganNya.

Janji Allah tersebut telah tercantum dalam Al Qur’an surat At Talaq ayat 2 dan 3. Dalam ayat tersebut Allah berfirman, “…..Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya”.

Karena itu, tidak ada ruginya jika kita senantiasa patuh kepada perintah Allah. Allah akan memberikan rezeki yang terbaik kepada hamba yang diridhaiNya.

Rezeki karena Beristighfar

Orang yang bertaubat, beristighfar, dan mengakui kesalahannya juga akan Allah beri rezeki. Hal tersebut sesuai dengan janji Allah di Surat Nuh ayat 10 dan 11. Dalam ayat tersebut Allah berfirman, “Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sungguh Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan yang lebat dari langit kepadamu”.

Karena itu jika kita merasa sedang sempit, siapa tahu Allah sedang menahan rezeki karena kita masih memiliki dosa yang belum diampuni. Segeralah minta ampun agar Allah segera membuka jalan rezeki untuk kita.

Rezeki karena Menikah

Dengan kasih sayangNya, Allah juga akan memberikan rezeki kepada hambaNya yang menempuh cara halal untuk meresmikan hubungan cinta. Dalam surat An Nur ayat 32, Allah berfirman, “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu, baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memampukan mereka dengan karuniaNya. Dan Allah Maha luas (pemberianNya) lagi Maha Mengetahui”.

Rezeki karena Anak

Anak yang terlahir di dunia juga akan diberikan rezeki tersendiri oleh Allah. Selain anak itu sendiri merupakan rezeki, Allah juga akan menyertakan rezeki bagi anak tersebut. Dalam surat Al Isra ayat 31, Allah berfirman, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kami-lah yang memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh itu dosa yang besar”. Karena itu, orang tua tidak seharusnya cemas karena Allah telah menjamin rezeki bagi anak yang ada dalam keluarga.

Rezeki karena Sedekah

Seseorang yang berbuat baik dengan harta yang Allah berikan kepadanya juga akan mendapat tambahan rezeki dari Allah. Hal tersebut dijanjikan Allah dalam surat Al Baqarah ayat 245. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman “Barangsiapa memberi pinjaman kepada Allah, dengan pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan rezeki dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan.”

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.