1
Muslim Lifestyle

Jangan Lewatkan 5 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim. Di bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk berpuasa dan disarankan untuk melakukan ibadah-ibadah yang lainnya.

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah memperbanyak berdoa saat bulan puasa. Di bulan Ramadhan, kita akan lebih mudah menemui waktu-waktu mustajabnya doa, seperti 5 waktu di bawah ini.

  1. Di Sepertiga Malam Terakhir

Di bulan puasa, biasanya kita bangun di sepertiga malam terakhir untuk santap sahur, bukan? Jadikan kebiasaan ini untuk membiasakan diri sholat tahajud. Shalat tahajud di sepertiga malam terakhir adalah waktu mustajabnya untuk berdoa.

Mustajabnya sepertiga malam terakhir sesuai dengan hadist yang diriwayatkan Imam Muslim. Dalam hadistt yang dimaksud, Rasulullah bersabda bahwa “Di malam hari, terdapat suatu waktu, yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah, berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut, melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya”.

Di sepertiga malam terakhir, Allah SWT turun ke langit dunia dan mengabulkan permintaan dari hamba-hambaNya. Hal tersebut sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Rasulullah menjelaskan bahwa, “Rabb kita, Allah SWT, turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu dia berkata, ‘Siapa yang berdoa padaKu aku akan kabulkan doanya. Siapa yang meminta padaKu, pasti akan kuberi, dan siapa yang minta ampun padaKu, pasti akan Kuampuni”.

  1. Waktu Sahur

Pada waktu sahur, gunakan waktu tersebut untuk berdoa dan beristighfar, selain untuk menyantap makanan sahur. Berdoa dan beristighfar di waktu sahur, sebelum waktu subuh, ketika doa dan istighfar kita diijabah oleh Allah SWT.

  1. Menjelang Berbuka Puasa

Salah satu waktu diijabahnya doa adalah pada saat menjelang berbuka puasa. Menurut para ulama, pada saat itu hati manusia sedang tunduk dan merasa rendah di hadapan Allah, sehingga ini menjadi saat yang tepat bagi kita untuk memanjatkan doa kepada Allah.

  1. Di Antara Adzan dan Iqomah

Pada bulan Ramadhan, biasanya masjid jadi lebih ramai oleh orang-orang yang ingin shalat berjamaah, terutama di waktu sholat Isya dan Tarawih. Selagi menunggu sholat Isya berjamaah dimulai, sempatkan waktu tersebut untuk memanjatkan doa, karena di antara adzan dan iqomah merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

webinar umroh.com

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Dalam hadits tersebut, Rasulullah bersabda, “sungguh berdoa antara adzan dan iqomah tidak tertolak, maka pergunakanlah untuk berdoa”.

  1. Sepanjang Hari saat Berpuasa

Doa seseorang hamba yang sedang berpuasa tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, bahwa “ada tiga doa yang tidak tertolak, yang pertama, doa pemimpin yang adil, kedua, doa yang berpuasa sampai ia berbuka, dan ketiga, doa orang yang terdzolimi”.

Karena itu, para ulama menganjurkan untuk berdoa sepanjang waktu saat sedang berpuasa. Kita diperbolehkan meminta hal-hal yang penting, baik untuk urusan akhirat, maupun untuk urusan dunia. Selain itu, sangat disarankan untuk berdoa bagi orang-orang yang dicintai, serta kaum muslimin yang lainnya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.