1
Kesehatan Muslim Lifestyle

Surga Bagi Umat yang Rajin Puasa Senin-Kamis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Tahukah Anda, jika hari Senin memiliki makna dan arti yang luar biasa. Sebab Senin disebutkan punya makna mendalam dan luas, bagi siapa yang menjalani dengan tulus ikhlas, dan dilengkapi dengan amal ibadah, akan mendapatkan keberkahan yang luar biasa, baik itu kepada kaum pria dan wanita.

Jika bicara Senin, kita kerap menyebutkanya satu paket dengan Kamis. Sebab ada kata populer yang disebut Puasa Senin-Kamis.

Nah, Tiga kalimat ini sangat populer, karena ini bagian dari ibadah utama bagi umat Muslim. Banyak yang menilai Puasa Senin-Kamis ini dianjurkan, karena selain pahalanya yang besar, juga keutamaan puasa ini sendiri yang memberikan manfaat besar bagi yang menjalankannya.

Ustad Attolillah, pimpinan Ponpes Miftahul Huda mengatakan, puasa Senin Kamis adalah puasa yang selalu dijalankan oleh Rasulullah.

“Keutamaan puasa Senin-Kamis sangat luar biasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).”

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Manfaat Puasa:

Puasa senin kamis dapat memaksimalkan serta menyeimbangkan antara tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Itulah manfaat besarnya. Setidak ada 10 manfaat berdasarkan kutipan dari manfaat.co.id. Bahwa manfaat puasa senin kamis memang sangat banyak dan membantu kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

1. Menjaga Kesehatan dan Kadar Lemak Dalam Tubuh

Meski dianggap nustri, Lemak memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. namun, jika Anda memiliki lemak dalam tubuh yang terlalu banyak tentu hanya akan membuat penyakit datang. Karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh Anda harus dihilangkan. Puasa senin kamis sangat baik, karena secara tidak langsung membiasakan si empu hidup teratus

webinar umroh.com

2. Cantik Alami Bagi Kaum Wanita

Puasa senin kamis, sel-sel tubuh akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur. Hal itu yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh Anda selalu mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam maupun luar tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan segar. Misalnya, pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit akan menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, dan terlihat cantik. Bagi Anda para wanita yang menginginkan terlihat selalu tampil cantik dan awet muda, tidak ada salahnya mencoba melakukan puasa senin kamis.

3. Bikin Jiwa Lebih Tenang

Orang yang sudah terbiasa melakukan puasa senin kamis biasanya dapat lebih mengontrol pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa senin kamis orang dapat lebih bersabar, mengontrol hawa nafsu, dan pikiran-pikiran kotor atau negatif. Dengan terkontrolnya pikiran, akan menyebabkan ketenangan jiwa. Bagi Anda yang selama ini selalu dihantui rasa takut, stres, depresi, atau mengarah pada gangguan kejiwaan. Cobalah mempraktikkan puasa senin kamis agar pikiran dan jiwa Anda lebih tenang dan terkontrol.

4. Mampu mengendalikan hawa nafsu

Orang yang sering melakukan puasa senin kamis lebih mampu dan mahir mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya. Contoh yang logis adalah seorang pemuda atau pemudi yang selalu merasa kesepian dan selalu terbayang berhubungan dengan lawan jenisnya. Setiap manusia normal pasti berharap seperti itu. Namun, hawa nafsu seperti itu harus selalu dikontrol agar tidak menimbulkan efek negatif pada diri yang bersangkutan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengendalikan hawa nafsu adalah melakukan puasa senin kamis.

5. Mengencangkan kulit

Mungkin Anda tidak percaya apa hubungannya antara puasa senin kamis dengan pengencangan kulit. Seperti halnya peremajan kulit, saat Anda berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang. Coba buktikanlah!

“Segala perbuatan manusia pada hari senin dan kamis akan di periksa oleh malaikat. Karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa” (HR.Tirmidri)

Ayo semangat berpuasa senin & kamis untuk bisa merasakan manfaat nya.