1
Motivasi Muslim Lifestyle

Jangan Sedih dengan Kekurangan. Ini 5 Alasannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Manusia adalah makhluk sempurna yang Allah ciptakan. Kesempurnaan manusia justru terletak pada kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Bersyukurlah dengan kelebihan yang Allah SWT berikan. Jika kamu memiliki kelemahan, jangan berputus asa dan berlarut-larut dalam kesedihan.

Berbuat Kesalahan adalah Hal yang Wajar

Sebagai manusia, adalah hal yang wajar jika kita berbuat kesalahan atau memiliki kekurangan. Dengan menerima segala kekurangan yang kamu miliki atau lakukan, kamu jadi lebih mudah berdamai dengan ketidaksempurnaanmu. Sebaliknya, jika kamu menolak untuk menerima kekuranganmu, kamu jadi lebih mudah menghakimi diri sendiri.

Keinginanmu untuk tampil sempurna membuatmu sering menjelek-jelekkan diri sendiri. Padahal dengan menerima segala kekurangan yang kita miliki, kita bisa menjadi pribadi yang unik dan otentik. Terimalah kekurangan dirimu dan jangan mencoba menjadi orang lain.

Gunakan kelemahan sebagai Kekuatan

Kelemahanmu bisa menjadi kekuatanmu. Langkah awalnya adalah dengan mengetahui di mana letak kekuranganmu. Setelah mengetahuinya, cari cara untuk memperbaikinya.

Untuk mengatasi kekurangan, kita memang harus berani keluar dari zona nyaman. Misalnya, jika kelemahanmu adalah berbicara di depan orang lain, maka jangan takut untuk mengakuinya. Jadikan sebagai dorongan untuk memperbaiki diri. Luangkan waktumu untuk belajar dan berlatih, lalu bertemu lebih banyak orang. Suatu hari nanti, bidang yang hari ini kamu anggap sebagai kelemahan akan menjadi kekuatanmu jika tekun melatihnya.

Fokus pada Tujuanmu

webinar umroh.com

Masa depan memang tidak bisa diprediksi. Walaupun kita tidak memiliki gambaran atas apa yang akan terjadi di kemudian hari, kita bisa mengontrol tindakan kita.

Jangan berfokus pada kekurangan yang kamu miliki. Berfokuslah pada tujuan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah melangkah. Bukan tidak mungkin kamu akan terpacu memperbaiki kekuranganmu demi mencapai tujuanmu.

Tersenyumlah

Salah satu tanda kematangan seseorang adalah mau tersenyum saat menyadari kekurangan. Walaupun ada orang lain yang menertawakan kelemahan yang kamu miliki, alih-alih menangis, tertawalah bersamanya. Pastikan dalam hatimu tidak ada rasa sesal terhadap kekurangan yang kamu miliki. Sadarilah bahwa kamu adalah manusia biasa. Memiliki kekurangan adalah hal yang wajar dan tidak perlu diratapi.

Mencari Hikmah

Allah dengan kasih sayangnya menciptakan manusia, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Sebagai seorang hamba Allah, tolaklah ajakan syetan untuk meratapi dan komplain kepadaNya. Jika saat ini kamu belum menyadari apa maksud Allah memberimu kekurangan, jangan berkecil hati. Tumbuhkan keyakinan bahwa Allah senantiasa memberikan yang terbaik kepada hambaNya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.