1
Muslim Lifestyle

Jangan Tidur Setelah Sahur untuk Mendapatkan 7 Manfaat Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Ramadhan adalah bulan puasa, sehingga kita disunnahkan bangun sahur di pagi hari, sebelum terbit fajar. Sahur memang biasa dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir. Setelah makan sahur, perut yang kenyang biasanya menggoda kita untuk kembali tidur. Jika ini yang biasa dilakukan, sebaiknya kebiasaan ini tidak diteruskan.

Tidur setelah sahur ternyata tidak baik dan membuat kita rugi. Jika terbiasa tidur setelah sahur, kita tidak mendapatkan 7 manfaat di bawah ini.

  1. Bangun Pagi adalah Salah Satu Rahasia Kesuksesan

Tidur setelah sahur membuat kita tidak bisa bangun pagi. Padahal, salah satu rahasia kesuksesan adalah bangun pagi. Di pagi hari, badan dan pikiran masih terasa segar, sehingga kita lebih mudah berpikir jernih. Orang-orang yang sukses biasanya merancang kegiatan yang akan dilakukan di pagi hari. Pagi hari juga biasa digunakan untuk melakukan afirmasi positif.

  1. Pekerjaan Akan Lebih Cepat Selesai Jika Dimulai di Pagi Hari

Rutinitas harian akan lebih cepat selesai jika kita memulainya di pagi hari. Misalnya bagi ibu rumah tangga, pagi hari bisa digunakan untuk mencicil pekerjaan rumah, seperti menyiapkan bahan masakan, mencuci, dan membersihkan rumah. Bagi para pekerja kantoran, pagi hari bisa digunakan untuk bersiap-siap lebih awal, sehingga tidak terlambat ke kantor. Pagi hari juga waktu yang sangat baik bagi para wirausaha untuk mencicil tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Jika tidur setelah sahur, tentu kita kehilangan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

  1. Suasana Pagi Hari yang Tenang

Pagi hari merupakan waktu yang tenang, dan sangat baik digunakan untuk mulai bekerja. Jika bekerja di siang hari, terkadang kita mendapat gangguan berupa telepon, notifikasi media sosial atau chatting, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang sudah memiliki anak, pagi hari adalah waktu yang sunyi dan lebih tenang. Anak-anak biasanya masih tidur di pagi hari, jadi kita tidak perlu terganggu dengan tangisan atau rewelnya anak.

  1. Memberikan Perasaan yang Positif

Bangun di pagi hari ternyata bisa membuat kita merasa seperti pemimpin. Rasanya seru bukan, ketika orang lain masih tidur, kita sudah bangun dan mulai melakukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Tubuhmu akan mengenali situasi ini, dan akan membuatmu merasa lebih bersemangat. Baik secara mental, attitude, maupun etos kerja.

  1. Badan Jadi Lebih Segar

Jika kita membiasakan tidak tidur setelah sahur, dan langsung bangun di pagi hari, badan akan terasa lebih segar. Kita jadi lebih bertenaga untuk melakukan pekerjaan sepanjang hari. Rasakan bedanya, dan bandingkan jika kamu melanjutkan tidur dan bangun ketika matahari sudah terbit. Badan jadi terasa lemas, tidak bertenaga, dan terkadang kita merasa pusing.

  1. Bisa Shalat Subuh Tepat Waktu

Tidur setelah sahur bisa membuat kita kebablasan dan ketinggalan shalat subuh. Padahal, shalat subuh tepat waktu merupakan sebuah keutamaan, apalagi di bulan Ramadhan ini. Di dalam surat Al Isra ayat 78, Allah berfirman bahwa, “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan (dirikanlah pula shalat) Subuh, sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat”.

webinar umroh.com
  1. Mendapat Berkah dari Allah

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At Thabrani, Rasulullah bersabda bahwa “keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka”. Hadist tersebut sangat bisa kita rasakan jika melihat manfaat bangun pagi, yang telah disebutkan sebelumnya. Bangun pagi membuat kita mendapatkan banyak berkah, mulai dari rezeki yang berkah, serta badan sehat yang berkah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.