1
Kesehatan

Jangan Tunda Makan Setelah Olahraga. Ini Alasannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika kita tidak memberikan asupan yang tepat setelah berolahraga, maka tubuh akan mengkonsumsi ototnya sendiri. Tentunya ini akan mengurangi dampak positif dari olahraga. Seringan apapun olahraga yang kita lakukan, kita tetap membutuhkan asupan makanan bernutrisi setelahnya.

Konsumsi Makanan Sehat setelah Berolahraga

Makanan yang ideal dikonsumsi setelah berolahraga adalah yang sehat, bernutrisi, dan mengandung cairan atau elektrolit. Asupan makanan tersebut harus dipenuhi paling tidak dalam waktu satu setengah jam setelah berolahraga.

Asupan Makanan setelah Olahraga Jangan Ditunda

Jangan menunda untuk memberikan asupan nutrisi setelah berolahraga. Semakin cepat kita memenuhi kembali asupan nutrisi setelah olahraga, tubuh akan semakin banyak memproduksi glikogen. Glikogen adalah jenis karbohidrat di dalam otot yang membantu kita dalam menjalani aktivitas fisik. Produksi glikogen ini tentunya sangat penting bagi mereka yang memiliki aktivitas fisik sepanjang hari setelah berolahraga.

Mengisi Kembali Tubuh dengan Asupan Bernutrisi sangat Penting

Ketika berolahraga, tubuh sebenarnya mengalami kerusakan jaringan. Tubuh juga menggunakan energi dalam bentuk karbohidrat yang disimpan pada otot, liver, dan darah. Ketika kita tidak mengkonsumsi asupan yang cukup setelah berolahraga, tubuh akan mengalami ketidakmampuan untuk memulihkan diri. Akibatnya, kita tidak bisa menjalani aktivitas dengan nyaman dan produktif.

Waktu dan Jenis Makanan yang Direkomendasikan

Waktu yang direkomendasikan untuk mulai makan adalah 20 hingga 40 menit setelah berolahraga. Makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga idealnya mengandung paling tidak 250 kalori. Makanan tersebut juga sebaiknya mengandung protein dan karbohidrat. Kombinasi keduanya akan mempercepat pembentukan energi oleh tubuh.

Para ahli kesehatan merekomendasikan perbandingan asupan karbohidrat dan protein adalah 3:1 atau 4:1. Misalnya kita bisa mengkonsumsi 4 sendok makan nasi dengan satu butir telur. Kita juga bisa mengkonsumsi sayuran dengan bumbu kacang, biskuit gandum, yoghurt, dan roti dengan selai kacang.

Pastikan Cukup Memuaskan Lidah

Pastikan juga makanan yang kita konsumsi setelah berolahraga memiliki rasa yang enak. Enak berarti rasa gula dan garamnya cukup terasa, namun tidak berlebihan. Dengan begitu, kita tidak tergoda untuk mengkonsumsi makanan tinggi kandungan gula atau garam sebelum makan siang.

Perhatikan Juga Asupan Cairan

Asupan yang perlu diperhatikan setelah berolahraga adalah cairan. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat. Kondisi ini tentunya mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Selain keringat, tubuh juga mengeluarkan cairan saat kita menghembuskan nafas yang banyak setelah lelah berolahraga. Apalagi jika cuaca saat kita berolahraga sedang panas, cairan yang keluar akan semakin banyak. Karena itu, pastikan mengisi kembali cairan tubuh dengan air yang sejuk atau air dengan kandungan elektrolit.

webinar umroh.com

Jika Ingin Makan sebelum Berolahraga

Makan sebelum olahraga juga tidak dilarang. Ada beberapa orang yang merasa nyaman berolahraga setelah menerima asupan energi. Jika ingin makan sebelum berolahraga, sebaiknya dilakukan 1-2 jam sebelum olahraga. Usahakan asupan kalori yang masuk saat makan antara 300-500 kalori. Makanan yang direkomendasikan untuk dimakan sebelum olahraga adalah pisang, oat, atau gandum.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.