1
Travel

Kantung Kering Tapi Pengen Liburan? Main Aja ke Kota Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Yogyakarta memang kota yang penuh pesona. Perpaduan antara bangunan beraksitektur Jawa klasik dengan bangunan modern membuat kota ini jadi kota yang menarik untuk dikunjungi.

Ternyata berkunjung ke Jogja tidak harus dengan biaya mahal, kok. Bisa banget, lho kamu ke Jogja dengan biaya terjangkau.

Simak tips ini buat kamu yang ingin liburan ke Jogja tanpa menguras kantong.

  1. Naik Kereta Ekonomi

Kereta memang alat transportasi yang sangat merakyat. Kita bisa membayar dengan harga murah untuk rute yang jauh. Cari tahu harga tiket dari kotamu,  dan pilihlah kelas ekonomi jika kamu memang ingin menghemat budget.

  1. Pesan Hotel Termurah dengan Fasilitas yang Tidak Murahan

Ada banyak aplikasi yang menyediakan jasa pesan hotel dengan fasilitas terjamin. Kalau kamu jeli mencari, kamu bisa mendapat kamar hotel untuk dua orang dengan harga di bawah Rp 200.000 per malam. Fasilitasnya juga menjamin kenyamanan, seperti amenities, AC, WiFi, kamar mandi dalam dan sebagainya. Jika ingin mencari hotel yang lebih murah kamu bisa memilih hotel kapsul untuk backpacker yang tarifnya mulai Rp 50.000 per malam.

  1. Andalkan Trans Jogja dan Jalan Kaki untuk Transportasi

webinar umroh.com

Pelajari peta Kota Yogyakarta lewat Google Map,  atau peta wisata Jogja yang bisa kamu unduh di https://liburmulu.com/peta-jalur-trans-jogja-yogyakarta-lengkap/ . Cari dan tandai  halte Trans Jogja di sekitar penginapanmu. Trans Jogja adalah bus kota yang akan mengantarkan dari satu halte ke halte lain. Bus Trans Jogja ini memiliki fasilitas yang cukup bagus, seperti kursi yang nyaman dan AC. Jadi kamu tidak perlu kepanasan saat berkeliling kota Jogja. Tarifnya sangat murah yaitu hanya Rp.  3500 antar halte.  Dengan harga semurah itu, kamu bisa naik bus yang nyaman dan ber-AC keliling kota Jogja. Jika destinasi yang ingin kamu datangi tidak dilewati bus Trans Jogja, kamu bisa naik ojek online atau berjalan kaki. Kalau ingin lebih berhemat dan sehat, pilihlah jalan kaki sambil menikmati suasana kota Jogja.

  1. Cari Tahu Jam Buka dan Tutup Objek Wisata yang Ingin Kamu Datangi

Jangan sampai objek wisata yang pengen banget kamu datangi ternyata tutup setibanya di sana. Untuk itu kamu harus mencari tahu jadwal buka dan tutup loketnya. Biasanya penjaga halte Trans Jogja atau Kondekturnya bisa menyediakan informasi ini. Rajin-rajin tanya dan cari info, ya.

  1. Makan di Warung-Warung Lokal yang Menyediakan Menu Sederhana dan Sedap

Harga makanan di Yogyakarta termasuk sangat murah. Kalau kamu sedang berhemat, kamu bisa mampir ke warung-warung milik warga dan memesan makanan khas Jogja yang sedap dan khas. Lumayan lho, dengan  Rp 15.000 kamu sudah bisa makan kenyang plus minumnya.

  1. Berburu Oleh-oleh untuk Sanak saudara di Jalan Malioboro

Jalan Malioboro yang kondang ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Jogja yang murah dan bagus. Ada batik,  aksesoris tradisional, sampai geplak dan bakpia pathok ada di sini. Kamu bisa, kok, menawar harganya, tapi jangan kebangetan, ya. Kalau kamu ingin ke pabrik bakpia pathok, kamu bisa menyewa jasa tukang becak seharga Rp 5.000 untuk mengantarkan kamu ke pabriknya langsung. Bakpia hangat siap kamu bawa pulang.

Demikian tips hemat ala backpacker ke Jogja. Liburan ala backpacker bisa bikin perjalananmu semakin seru. Kamu bisa sejenak keluar dari rutinitas dengan biaya yang tidak menguras kantong. Siapkan tabungan mulai sekarang, ya. Selamat menyiapkan liburan.  (ZR/10)

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.