1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Kenapa Kita Belum Bersyukur?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu bab Quran yang sering direkomendasikan untuk dibaca oleh umat Islam disebut Surah Al-Waqia. Bab ini membahas tentang kehidupan setelah kematian, merinci di mana berbagai kelompok orang akan berakhir tergantung pada bagaimana mereka menghabiskan hidup mereka. Saya ingat ketika saya masih muda, orang tua saya dan saya akan duduk bersama setelah Maghrib, doa dilakukan saat matahari terbenam, dan bergiliran membacakan sejumlah ayat sampai kami menyelesaikan seluruh bab.

Menjelang bagian akhir bab ini setelah membahas tiga kelompok tujuan akhir manusia, Allah mengalihkan perhatian umat manusia ke ciptaan tertentu. Dia berkata, “Maka terangkanlah kepada-Ku tentang yang kalian tanam? Kamukah yang menumbuhkannya atau Kamikah yang menumbuhkannya?Kalau Kami kehendaki, benar-benar Kami jadikan dia hancur dan kering, maka jadilah kamu heran dan tercengang. ”(Q. 56: 63-65).

Dalam kelompok ayat ini, Tuhan memberi tahu manusia untuk melihat sesuatu yang sekecil benih. Apa yang dimulai sebagai sesuatu yang dapat ditampung di telapak tangan kita akhirnya tumbuh dalam ukuran yang eksponensial. Pohon akhirnya lebih besar dari manusia itu sendiri, dan di atas itu, mereka berbuah. Biji lainnya berubah menjadi biji-bijian dan yang lainnya menjadi sayuran. Tuhan meminta manusia untuk merenung: apakah benar perbuatan kita yang menumbuhkan benih kecil itu? Kita mungkin menanamnya dan menyiraminya, tetapi selain itu, kita tidak memiliki bagian dalam mengubahnya menjadi sesuatu yang begitu megah. Tuhan berkata bahwa Dia yang menumbuhkan benih itu dan jika Dia mau, Dia tidak akan menghasilkan apa-apa. Alih-alih, Dia membiarkan semua dunia mendapat manfaat.

Ayat-ayat kemudian berlanjut dengan Tuhan menunjuk ke berkat lain, “Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?Kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur? “(Pertanyaan 56: 68-70).

Ini adalah tanda yang membuat saya berhenti dan benar-benar bersandar di tempat duduk saya. Walaupun saya sendiri bukan tukang kebun yang merawat benih dan tanaman, air jelas memainkan peran sehari-hari dan langsung dalam hidup saya. Bayangkan jika air pahit! Gagasan itu nyaris membuatku tak bisa berkata-kata. Allah mengirimkan air kepada kita dari awan — kita tidak memiliki kuasa atas sistem semacam itu. Melalui karunia-Nya, Dia menjadikan air itu murni dan menyenangkan bagi umat manusia, jenis hewan, dan jenis tumbuhan juga. Air adalah berkah luar biasa yang diperlukan untuk kehidupan; itu sendiri adalah tanda kehidupan. Kita tidak hanya membutuhkannya untuk minum, tetapi untuk membersihkan diri kita sendiri, makanan kita, dan pakaian kita. Setiap kali air dimatikan di rumah saya bahkan untuk beberapa jam karena pemeliharaan rutin, seluruh hari saya harus dijadwal ulang dan diganti. Tuhan bertanya kepada umat manusia, mengapa kita tidak bersyukur atas pemberian airNya kepada kita? Tentunya kita menggunakannya setiap hari tanpa memikirkan dari mana asalnya.

Tuhan kemudian menyebutkan tanda terakhir dengan cara ini, “Maka terangkanlah kepadaku tentang api yang kamu nyalakan Kamukah yang menjadikan kayu itu atau Kamikah yang menjadikannya?Kami jadikan api itu untuk peringatan dan bahan yang berguna bagi musafir di padang pasir.”(Q. 56: 71-73).

Menggosokkan dua batang kayu bersama-sama, cara yang banyak dari kita pelajari pada perjalanan berkemah pertama kita di masa muda kita, tidak ada artinya. Sebaliknya, Allah membiarkan api menyala dengan cara yang luar biasa ini. Api memberikan kehangatan dan keamanan, dan sarana untuk memasak makanan kita. Kami tidak melakukan apa pun untuk membuat percikan api menyala menjadi sesuatu yang bertahan hidup dan substansi — yang, seperti tanda-tanda lain yang disebutkan sebelumnya, hanya berasal dari Tuhan.

Tuhan tidak perlu memberi kita bekal seperti makanan, air, dan api. Kita mengabaikan berkat-berkat penting ini setiap saat dalam hidup kita, dan Tuhan mengetahui kecenderungan kita untuk lupa menggunakan ayat-ayat ini dalam Surat Al-Waqia untuk memfokuskan kembali perhatian kita kepada-Nya melalui tanda-tanda-Nya. Setelah menyadari berkat yang begitu besar datang kepada kita tanpa melakukan apa yang kita miliki, kita harus merasakan rasa terima kasih dan rasa terima kasih yang luar biasa kepada Tuhan.

webinar umroh.com