1
Motivasi Muslim Lifestyle News

Kenapa Kita Tidak Bersyukur?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu surat dalam Al-Quran yang sering direkomendasikan untuk dibaca oleh umat Islam ialah Surat Al-Waqia. Surat ini membahas tentang kehidupan setelah kematian, merinci di mana kelompok orang yang berbeda akan berakhir tergantung pada bagaimana mereka menghabiskan hidup mereka. Saya ingat ketika saya masih muda, orang tua saya dan saya akan duduk bersama setelah Maghrib, dan bergiliran membacakan sejumlah ayat sampai kami menyelesaikan seluruh surat.

Menjelang bagian akhir surat ini setelah membahas tiga kelompok tujuan akhir manusia, Allah mengalihkan perhatian umat manusia ke ciptaan tertentu. Dia berkata, “Dan apakah kamu melihat bahwa [benih] yang kamu tabur? Apakah kamu yang membuatnya tumbuh, atau Kami yang menumbuhkan? Jika Kami menghendaki, Kami dapat membuatnya menjadi puing-puing [kering], dan Anda akan tetap takjub ”(QS56: 63-65).

Dalam kelompok ayat ini, Allah memberi tahu manusia untuk melihat sesuatu yang sekecil benih. Apa yang dimulai sebagai sesuatu yang dapat ditampung di telapak tangan kita akhirnya tumbuh dalam ukuran yang eksponensial. Pohon akhirnya lebih besar dari manusia itu sendiri, dan di atas itu, mereka berbuah. Biji lainnya berubah menjadi biji-bijian dan yang lainnya menjadi sayuran. Tuhan meminta manusia untuk berefleksi: apakah benar perbuatan kita yang menumbuhkan benih kecil itu? Kita mungkin telah menanam dan menyiraminya, tetapi selain itu, kita tidak memiliki bagian dalam mengubahnya menjadi sesuatu yang begitu megah. Allah berkata bahwa Dia yang menumbuhkan benih itu dan jika Dia mau, Dia tidak akan menghasilkan apa-apa. Sebagai gantinya, Dia membiarkan semua dunia mendapat manfaat.

Ayat-ayat kemudian berlanjut, “Dan apakah kamu telah melihat air yang kamu minum? Apakah kamu yang menurunkannya dari awan, atau kami yang menurunkannya? Jika Kami menghendaki, Kami bisa membuatnya pahit, jadi mengapa Anda tidak bersyukur? “(QS 56: 68-70).

Ini adalah tanda yang membuat saya berhenti dan benar-benar bersandar di tempat duduk saya. Meskipun saya sendiri bukan tukang kebun, yang merawat benih dan tanaman, air jelas memainkan peran sehari-hari dan langsung dalam hidup saya. Bayangkan jika air pahit! Gagasan itu hampir membuatku tak bisa berkata-kata. Allah mengirimkan air kepada kita dari awan — kita tidak memiliki kuasa atas sistem semacam itu. Melalui karunia-Nya, Dia menjadikan air itu murni dan menyenangkan bagi umat manusia, hewan, dan tumbuhan juga. Air adalah berkah luar biasa yang diperlukan untuk kehidupan. Kita tidak hanya membutuhkannya untuk minum, tetapi untuk membersihkan diri kita sendiri, makanan kita, dan pakaian kita.

Allah bertanya kepada umat manusia, mengapa kita tidak bersyukur atas pemberian airNya kepada kita? Tentunya kita menggunakannya setiap hari tanpa memikirkan dari mana asalnya.
Allah kemudian menyebutkan tanda terakhir dengan cara ini, “Dan apakah kamu telah melihat api yang kamu nyalakan? Apakah kamu yang menghasilkan pohonnya, atau Kami yang menciptakannya? Kami telah menjadikannya sebagai pengingat dan bekal bagi para pengembara? ”(QS 56: 71-73).

Menggosokkan dua batang kayu secara bersama-sama, cara yang banyak dari kita pelajari pada perjalanan berkemah pertama kita di masa muda kita, tidak ada artinya. Sebaliknya, Allah membiarkan api menyala dengan cara yang luar biasa ini. Api memberikan kehangatan dan keamanan, dan sarana untuk memasak makanan kita. Kami tidak melakukan apa pun untuk membuat percikan api menyala menjadi sesuatu yang bertahan hidup dan substansi . Allah tidak perlu memberi kita ketentuan seperti makanan, air, dan api. Kita mengabaikan nikmat penting ini setiap saat dalam hidup kita, dan Allah mengetahui kecenderungan kita untuk melupakan menggunakan ayat-ayat ini dalam Surat Al-Waqia untuk memfokuskan kembali perhatian kita kepada-Nya melalui tanda-tanda-Nya. Setelah menyadari nikmat yang begitu besar datang kepada kita tanpa melakukan apa yang kita miliki, kita harus merasakan rasa terima kasih yang luar biasa kepada Allah.