1
Muslim Lifestyle

Ini Keutamaan Adzan Bagi yang Mengumandangkannya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Telah kita ketahui bahwa hukum adzan adalah fardhu kifayah bagi laki-laki ketika waktu sholat fardhu telah masuk. Dengan demikian, apabila salah satu laki-laki telah mengumandangkan adzan, maka gugurlah kewajiban semua laki-laki lainnya. Namun, apabila tak ada satupun yang mengumandangkan adzan, maka seluruh kaum muslimin akan menanggung dosanya. Lalu apa keutamaan adzan itu sendiri? Berikut penjelasannya.

Sebagaimana hadits riwayat Malik bin al Huwairisi ketika Rasulullah SAW bersabda,

فإذا حضرت الصلاة فليؤذن لكم أحدكم ثم ليؤمكم أكبركم

“Jika waktu sholat telah tiba, hendaklah salah seorang diantara kalian mengumandangkan adzan untuk kalian dan hendaklah orang yang paling tua diantara kalian yang menjadi imam.(HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Rugi Kalau Gak Tahu, Ini Lho Dalil tentang Adzan!

Keutamaan Adzan

Sejatinya adzan memiliki banyak keutaman, adapun diantaranya sebagai berikut:

1. Muadzin pada hari kiamat lehernya akan lebih panjang

Orang yang selalu mengumandangkan adzan atau muadzin pada hari kiamat kelak lehernya akan lebih panjang sebagaimana Rasulullah SAW bersabda diriwayatkan hadist dari Muawiyah bin Abu Sufyan,

المؤذنون أطول الناس أعناقا يوم القيامة

webinar umroh.com

“Muadzin itu merupakan orang yang berleher paling panjang pada hari kiamat kelak.” (HR.Muslim)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

 2. Setan lari mendengar adzan

 Dalam hadits Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

إذا نودي للصلاة أدبر الشيطان له ضراط حتى لا يسمع التأذين فإذا قضي التأذين أقبل حتى إذا ثوب بالصلاة أدبر حتى إذا قضي التثويب أقبل حتى يخطر بين المرء ونفسه يقول له اذكر كذا واذكر كذا لما لم يكن يذكر من قبل حتى يظل الرجل ما يدري كم صلى

“Jika sholat sudah diserukan, maka setan berbalik membelakanginya sambil mengeluarkan suara kentut yang keras sehingga adzan tidak terdengar. Dan jika seruan adzan selesai, dia kembali berbalik lagi sehinga jika jika seruan sholat (Iqomah) kembali dikumandangkan, dia membelakangi lagi sehingga jika iqomah selesai dikumandangkan, dia berbalik lagi sehingga dia muncul diantara seseorang dengan dirinya. Dia berkata kepadanya, ‘Iingatlah begini, ingatlah begitu’ terhadap sesuatu yang sebelumnya dia tidak mengingatnya sehingga dia tidak mengetahui berapa rakaat dia telah mengerjakan shalat” (HR Bukhari dan Muslim)

 3. Muadzin mendapat pahala yang besar

Umroh.com merangkum, mereka yang selalu mengumandangkan adzan akan diberikan pahala yang luar biasa besar dari Allah SWT. Dalam hadist Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda,

لو يعلم الناس ما في النداء والصف الأول ثم لم يجدوا إلا أن يستهموا عليه لاستهموا ولو يعلمون ما في التهجير لاستبقوا إليه ولو يعلمون ما في العتمة والصبح لأتوهما ولو حبوا

“Kalau saja umat manusia mengetahui pahala yang terkandung pada adzan dan barisan pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya, kecuali dengan cara mengundi, pasti mereka akan mengadakan undian. Sekiranya mereka mengetahui pahala yang terdapat pada kesegeraan berangkat shalat, pasti mereka akan berlomba- lomba mendatanginya. Dan sekiranya mereka, mengetahui pahala sholat isya’ dan shubuh, pasti mereka akan mendatanginya (ke masjid) meski dengan cara merangkak.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paket umroh terbaiknya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

 4. Dosa muadzin diampuni

Salah satu pahala yang didapatkan seorang muadzin yakni diampuninya dosa-dosa sejauh jarak suara adzannya. Dalam hadist Barra’ bin Azib, Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat atas barisan terdepan dan Muadzin diberi ampunan sejauh suaranya serta dibenarkan oleh orang yang mendengarkannya, baik yang masih basah maupun yang sudah kering. Dan baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakan shalat dengannya.” (Hadits Shohih Riwayat Nasa’i dan Ahmad)

 5. Muadzin didoakan Rasulullah SAW

Dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

“Imam itu bertanggung jawab. Sementara muadzin menjadi kepercayaan umat manusia.Ya Allah, berilah petunjuk kepada para imam dan berilah ampunan kepada para muadzin.”( Hadits Shohih Riwayat Abu Dawud, Turmudzi, dan Ibnu Khuzaimah)

6. Allah SWT mengampuni muadzin yang ikhlas dan memasukannya ke surga

Muadzin yang mengumandangkan adzan meski di tempat yang terpencil akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT sebagaimana dalam hadist ‘Uqbah bin ‘Amir, Rasulullah SAW bersabda,

“Rabb kalian merasa bangga terhadap seseorang pengembala kambing disebuah puncak bukit yang mengumandangkan adzan shalat dan mengerjakan adzan. Maka Allah yang Maha perkasa lagi Maha mulia berfirma : ” Lihatlah hamba-Ku itu, dia mengumandangkan adzan dan iqomah karena merasa takut kepada-Ku. Sesungguhnya aku telah mengampuni hamba-Ku itu dan memasukannya ke surga.” (Hadist Shohih Riwayat Abu Daud)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Itulah keutamaan adzan yang luar biasa. Jangan lupa share, komen dan like ya agar semakin banyak calon-calon muadzin di luar sana!